Penggunaan At-Tartil dalam Pembelajaran Al-Qur’an

Authors

  • Anas Lahuddin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2482

Keywords:

Penggunaan At-Tartil, Pembelajaran, Al-Qur'an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode latihan yang diterapkan sebagai upaya penanaman karakter siswa melalui budaya positif di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Metode drill adalah suatu metode yang pembelajarannya melibatkan pelaksanaan kegiatan latihan secara berulang-ulang dan terus menerus dengan tujuan membentuk kebiasaan siswa agar mempunyai karakter yang positif. Temuan menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa menunjukkan karakter positif dalam kurun waktu tiga bulan melalui penerapan metode drill sebagai upaya penanaman karakter melalui budaya positif berupa kesepakatan kelas. Upaya penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar dapat dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara langsung dalam menulis dan mendiskusikan kesepakatan kelas. Hal ini akan menciptakan keinginan pada siswa untuk bertanggung jawab atas perjanjian yang telah dibuat. Terbukti para siswa SD Darul Hikmah Kediri antusias dan terlibat aktif dalam membuat kesepakatan kelas berulang kali setiap harinya sehingga terciptanya perjanjian kelas menyadarkan siswa secara penuh bahwa dirinya bertanggung jawab untuk menaati perjanjian yang telah dibuat dan melahirkan karakter yang baik dalam diri siswa antara lain disiplin, tanggung jawab, toleransi, hormat dan sopan santun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hafid, A. N., & Astutik, A. P, Tauhid Education in Surah Luqman Ayat 12-19 (Review of The Book of Tafsir Al Munir by Wahbah Az Zuhaili). Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 2022, h. 422-433.
Abudin Nata, Al-Qur’an dan Hadist (Dirasah Islamiyah 1), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996, h. 125.
Purnamasari, R. N., & Nadlif, A, Application of the Tilawati Method on Speed of Reading Al-Qur'an at the Al-Qur'an Education Park (TPQ) Sidoarjo Regency. Indonesian Journal of Education Methods Development, 20, 2022, 10-21070.
Astutik, A. P, Implementasi Pembelajaran Kecerdasan Spiritual untuk Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Islam. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 2017, h. 9-16.
Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2013), h.57.
Setianingsih, D. A., & Nadlif, A, The Problems of Using Gadgets on Interest in Learning to Read the Qur'an. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 11, 2022, 10-21070.
Nupus, S. H., Qosim, A. M., & Triwoelandari, R, Pengaruh Metode Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid di Ponpes Talimul Qur’an Tsani. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 23(1), 2023, h. 146-159.
Indriyani, S., & Nadlif, A, The Contribution of the Qur'an Mu'allimil Council (MMQ) in Qiraati Method Teacher Learning at Al Qur'an Education Park. Indonesian Journal of Islamic Studies, 10, 2022, 10-21070.
Sulaikho, Siti. Rina dkk. Pelatihan Membaca Al-Qur'an yang Baik dan Benar Melalui Metode At-Tartil bagi Orang Tua Santri TPQ Desa Brodot Jombang, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, 1, (1), 2020.
Khoiruddin, U, Pembelajaran Metode At-Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(3), 2020, h. 243-254.
Ipastion, I., & Khadijah, K, Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 2019, h. 89-100.
Rasita, I., & Ginting, N, Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Secara Tartil Sesuai Dengan Ilmu Tajwid. Journal On Teacher Education, 4(3), 2023, h. 339-347.
Fazrilya, G. A, Implementasi Metode Tartil Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Gading, 2022 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Wenni, O., Husni, A., Wati, S., & Junaidi, J, Pengaruh Penggunaan Metode Tartil Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mtsn 04 Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(4), 2023, h.532-538.
Wahyuni, I. W. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Moral pada Santri TPQ Al-Khumaier Pekanbaru. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 2018, h. 51-61.
Abdul Majid Khon, Praktikum Qira’at: Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim dari Hafash, 2011, Jakarta: Amzah
Arifin, Moch. Bahak Udin By & Nurdyansyah, Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan, (Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018).
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006), hlm. 112
Cahyadi, R. A. W. 2019. Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Al-Azhar Kota Pagaralam (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, 2017, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

31-03-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Penggunaan At-Tartil Dalam Pembelajaran Al-Qur’an”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 31, 2024): 1030–1043. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2482.