Optimalisasi Penggunaan Media Teknologi dalam pembelajaran IPA di Pendidikan Dasar
Abstrak
Kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, kebanyakan guru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi hanya sekedar untuk interaksi biasa dan berbagi informasi. Guru sering menghadapi kesulitan saat menggunakan teknologi dalam pembelajaran, terutama bagi guru yang belum terbiasa dengan fitur atau aplikasi pendukung dalam pembelajaran. Peneltian ini mengkaji tentang pentingnya optimalisasi penggunaan media teknologi dalam pembelajaran IPA. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi data yang detail dan akurat tentang suatu fenomena, situasi, atau kejadian tertentu. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa optimalisasi penggunaan media teknologi dalam pembelajaran, tetap dilakukan oleh sekolah melalui pelatihan, seminar dan workshop yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi, website dan fitur-fitur yang dianggap sangat membantu guru dalam mendesain pembelajaran, seperti, canvas, Capcut, solar system scope, Quizizi dan berbagai aplikasi lain yang dianggap membantu dalam pembelajaran. Melalui media seperti ini siswa bisa mengembangkan kompetensi, jiwa kritis, selektif, kreatif dan inovatif.
Downloads
Referensi
Ahmad Suryadin. (2020). Tekonologi dan Media Pembelajaran (Ilyas (ed.); Jilid I). CV Jejak, Angoota IKAPI. www.jejakpublisher.com
Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347
Hazmiwati. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang dan Trapesium di Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.98
Hermansyah, Muslim, & Ihlas. (2021). Urgensi pengembangan keterampilan belajar abad 21 di pendidikan dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Volume, 8(2), 215–226. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v8i2.847
Michael Huberman, M. Bm. (n.d.). Analisis Data Kualitatif, (Buku Sumber Tentang Metode-Metode. UI-Press.
Purfitasari, S., Masrukhi, Prihatin, T., & Mulyono, S. E. (2019). Digital Pedagogy sebagai pendekatan pembelajaran di era industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 806–811. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/374/225
Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.
Santika, M. A., Natajaya, I. N., & Yudana, I. M. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa dan Pemanfaatan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar IPA Sisaw Kelas IV di Sekolah Dasar Gugus II Kuta. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 12(2), 202.
Supriatna, U. (2021). Kompetensi Guru Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 214–221. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/937
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.