Peranan Media Pendidikan dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v9i2.1240Keywords:
Media, Islamic EducationAbstract
Dalam perkembangannya, ilmu pengetahuan serta teknologi terus mendesak upaya perubahan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu hasil teknologi yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. Pengaplikasian alat peraga wajib cocok dengan pertumbuhan serta tuntutan jaman. Pemakaian bahan ajar juga diharapkan sesuai dalam proses belajar mengajar dengan tujuan mempermudah tercapainya tujuan pendidikan. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan media pembelajaran sudah diketahui serta digunakan dalam sistem pembelajaran Islam sejak dini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil dari riset ini merupakan penyebaran Islam sejak dini untuk mengetahui aktivitas belajar mengajar, pada modul pembelajaran telah ada serta diterapkan oleh Nabi Muhammad S.A.W. dalam mengarahkan ilmu serta hukum agama Islam kepada yang lain. Tidak hanya itu, dalam hadits sebagian disebutkan tentang pemakaian media pembelajaran dalam pendidikan, seperti foto, kerikil serta jari. Kesimpulan dari penulisan ini adlaah media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil pendidikan serta hasil akhir dari proses pendidikan.
Downloads
References
Arsyad, A. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Asnawir dan Usman, B. 2002. Media Pendidikan. Jakarta Selatan: Ciputat Press.
As-Sindy, A. H. 2008. Shahihul Bukhari bi Haasyiati Al-Imam as-Sindy. Libanon: Dar al-Kotob al-Ilmiyah.
Daradjat, Z. 1995. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djjamaluddin, S. dan Zoerni, H. M. M. 2002. Ringkasan Shahih Muslim. Bandung: Mizan.
Ghuddah, A. F. A. 2009. 40 Metode Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Hamalik, O. 1980. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Mahmudah, U. Rosyidi, A. W. Mujtahid. 2008. Active Learning Dalam Bahasa Arab. Malang: UIN- Maliki Press.
Miarso, Y. 1986. Teknologi Komunikasi Pendidikan: Pengertian dan Penerapannya di Indonesia. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV Rajawali.
Moleong, L. J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musa, A. Y. M. B. 2010. Tafsir Hidayatul Insan. Jilid 2. Tafsir.web.id.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramli, M. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Pers.
Rosyidi, A. W. dan Ni’mah, M. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN- Maliki Press.
Sabri, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.
Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Sunan At-Tirmidzi (Juz 4). 1992. CV. Asyifa Semarang.
Syah, D. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.
Tanzeh, A. 2009. Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras