Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Giwangan Yogyakrta
Abstrak
Teknologi saat ini mengalami perkembangan pesat dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilatar belakangi untuk tahu akan perkembangan teknologi proses belajar di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk tahu akan perkembangan dan peran teknologi dalam pembelajaran. Adapun lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri Giwangan. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dan cara yang digunakan adalah generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknologi saat ini telah sangat canggih, di SD Negeri Giwangan contohnya, seperti penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Teknologi yang digunakan terdiri dari beberapa aplikasi, video pembelajaran menggunakan proyektor, dan lain sebagainya.
Downloads
Referensi
Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran Dan Penaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 69–83.
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). ANALISIS TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam Dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 189. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313
Idris. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi…. Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175–190.
Ismail. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran (Syarifuddin (ed.)).
Jamil, I. M. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, I(1), 5.
Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Maryono, M., Susanto, H., & Redho Syam, A. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di sekolah. Journal of Islamic Education and Innovation, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6720
Prof.Dr.Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (M. T. Dr. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T. (ed.)).
Raisyifa, D. N., & Sutarni, N. (2016). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Effect of the Teaching Performance of Teachers on Students ’ motivation). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 90–98.
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/5886/4220
Ajizah, I. (2021). No Title. 4(1), 25–36.
Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran Dan Penaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 69–83.
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). ANALISIS TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam Dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 189. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313
Idris. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi…. Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175–190.
Ismail. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran (Syarifuddin (ed.)).
Jamil, I. M. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, I(1), 5.
Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Maryono, M., Susanto, H., & Redho Syam, A. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di sekolah. Journal of Islamic Education and Innovation, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6720
Prof.Dr.Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (M. T. Dr. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T. (ed.)).
Raisyifa, D. N., & Sutarni, N. (2016). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Effect of the Teaching Performance of Teachers on Students ’ motivation). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 90–98.
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/5886/4220

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.