Pemanfaatan Media Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Analisis Berdasarkan Studi Literatur

  • Faiza Isti Qomah UIN Raden Mas Said, Surakarta
  • Muhammad Nanang Qosim UIN Raden Mas Said, Surakarta
  • Abdul Ghofur UIN Raden Mas Said, Surakarta
Kata kunci: Teknologi, Augmented Reality, Arabic learning

Abstrak

Peran media pembelajaran bagi pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi proses pembelajaran. Penelitian ini menganalisis pemanfaatan augmented reality (AR) dalam pembelajaran bahasa Arab dikarenakan adanya kolaboras teknologi dunia maya dan dunia nyata, yang dimaksud dengan memenuhi tiga syarat dalam penggunaannya menggabungkan benda maya dan nyata dengan dijalankan secara real time mendaftarkan objek nyata dan maya satu sama lain. Dengan metode studi pustaka, peneliti memanfaatkan augmented reality (AR) dalam pemanfaatannya di berbagai jenjang pendidikan berdampak pada pemberian pengalaman belajar kepada peserta didik, pembelajaran semakin interaktif terintegrasi teknologi khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab, memberikan pemahaman yang konkrit dalam pembelajaran, peserta didik mudah mengingat karena disertai dengan gambar. Augmented Reality sendiri dapat menarik perhatian karena adanya kolaborasi dunia maya dan dunia nyata. Pengumpulan data menggunakan metode kajian pustaka secara sistematis dengan cara mengumpulkan artikel-artikel yang memiliki penelitian sejenis pada artikel penelitian tahun 2017 sampai dengan 2023 pada jurnal nasional dan internasional. Sebagai kesimpulan, dari duabelas penelitian media augmented reality (AR) menjelaskan bahwa media ini menawarkan potensi yang besar dalam pemanfaatan media pada pembelajaran bahasa Arab yang telah terintegrasi menggunakan teknologi dalam pendidikan dengan dampak yang positif bagi peserta didik dan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Ansas, V. N., Permata, N. D., & Marsya, F. (2022). A Systematic Review on the Utilization of Augmented Reality in Language Learning. Proceedings of the Sixth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2022), 609–615. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/978-2-494069-91-6_94
Cahyani, A., & Kholisin, K. (2022). Developing ArVo: Augmented Reality-Based Application to Improve Arabic Vocabulary Mastery. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 6(2), 465. https://doi.org/10.29240/jba.v6i2.4798
de Souza Cardoso, L. F., Mariano, F. C. M. Q., & Zorzal, E. R. (2020). A survey of industrial augmented reality. Computers and Industrial Engineering, 139, 106159. https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.106159
Effendi, H., & Dwiyani, N. (2018). Learning Management System Berbasis Cloud Sebagai Alternatif Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 2(2), 1–8.
Eka Suarmika, P., Hidayat, N., & Safitri. (2023). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Media Aplikasi Android Sebagai Bahan Ajar Interaktif. Jurnal Ika: Ikatan Alumni Pgsd Unars, 13(1), 278–218. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index
Elmqaddem, N. (2022). Augmented Reality and Virtual Reality in Education . Myth or Reality ? Augmented Reality and Virtual Reality in Education . Myth or Reality ? International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(6), 234–242. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289
Fahraini, S., & Almaliki, M. F. (2024). TAMUS ( Ta ’ lim Musaghar ): Augmented Reality-Based Speaking Platform to Improve the Maharah Kalam for Arabic Language Education Students. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education (2024), 469–475.
Fauzan, A., Muriyatmoko, D., & Nahwa, S. (2020). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY ELSE ( Elementary School Education Journal ). ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 63–78.
Hafitria, A., & Asrofi, I. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Bahasa Arab. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7548–7556. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2200
Hasyim, M., Rokhmatulloh, N., Imron Rosadi, M., Arief Zakaria, F., Yudharta Pasuruan, U., & Artikel, S. (2021). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Menggunakan Metode Markerless Tracking. Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Informatika, 13(1), 28–34.
Iimawan Mustaqim. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Jaelani, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas II MI Al Hidayah Guppi Kota Cirebon. Tarbawi, 1(1).
Munawir, Winata, W., & Andi Ahmad Gunadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Liveworksheets Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Instruksional, 4(1), 62–73.
Nurhazarifah Che Hashim, Nazatul Aini Abdul Majid, Haslina Arshad, Siti Soleha Muhammad Nizam, & Haekal Mozzia Putra. (2017). Mobile Augmented Reality Aplication for Early Arabic Language Education Arabic. International Conference on Information Technology (ICT), 8(2), 761–766.
Nurnaena, S., & Gumiandari, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Man 1 Cirebon. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 189–196. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i4.1974
Sahrim, M., Aqila, N. F., Soad, M., & Asbulah, L. H. (2023). Augmented Reality Technology in Learning Arabic Vocabulary from the Perception of University Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(21), 135–154.
Sartika, & Octafianti, M. (2019). Pemanfaatan Kahoot Untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 1(3), 373–385.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Syifa’uddin, M. R., Muriyatmoko, D., Umami, J., Akbar, A. K., & Gontor, U. D. (2022). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Rambu Rambu Lalu Lintas Berbahasa Arab Application Of Augmented Reality Technology In The Learning Media Of Traffic Signs In Arabic Language. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Rambu Rambu Lalu Lintas Berbahasa Arab, 51–62.
Utami, F. N., & Salamah, U. (2019). Augmented Reality Application of Hijaiyah Letters in Arabic Sign Language and Indonesian Sign Language (SIBI). Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29207/resti.v3i1.693
Wan Daud, W. A. A., Ghani, M. T. A., Rahman, A. A., Bin Mohamad Yusof, M. A., & Amiruddin, A. Z. (2021). ARabic-Kafa: Design and development of educational material for Arabic vocabulary with augmented reality technology. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(4), 1760–1772. https://doi.org/10.52462/jlls.128
Yolanda, R., Firdaus, D., Hendri, M., & Zaharo. (2024). BRAIN BASED LEARNING USING AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY AS AN. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 6(1), 261–278. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v6i1.377
Yusof, M. A. M., Daud, W. A. A. W., Ghani, M. T. A., Rahman, A. A., Ismail, N., & Noor, M. L. A. H. M. (2023). The Usability of Arabic-Kafa Application for Learning Arabic Vocabulary at Kafa Institution. Proceedings of International Conference of Research on Language Education (I-RoLE 2023), 13-14 March, 2023, Noble Resort Hotel Melaka, Malaysia, 7, 751–762. https://doi.org/10.15405/epes.23097.67
Diterbitkan
2024-12-31
Bentuk Sitasi
Qomah, Faiza, Muhammad Qosim, and Abdul Ghofur. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 31, 2024): 428-445. Accessed February 17, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2733.
Section
Articles