Penerapan Lagu Rost untuk Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode Tilawati di Pondok Pesantren

Authors

  • Agus Tricahyudin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2434

Keywords:

Lagu Rost, Pembelajaran Al-Qur'an, Metode Tilawati

Abstract

Pembelajaran membaca Al-Qur’an di pesantren merupakan kegiatan utama dalam kurikulum pendidikan Islam, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam membaca dan memahami kitab suci. Salah satu metode yang populer adalah Tilawati yang memadukan teknik membaca dengan rost lagu. Lagu Rost diyakini memiliki peranan penting dalam membantu santri mengingat dan memahami bacaan Alquran. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan lagu rost melalui tilawati di pesantren sebagai unsur pembelajaran, dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang informatif dan memotivasi. Meskipun banyak penelitian sebelumnya yang mengeksplorasi metode tilawati, masih ada kekurangan dalam mengeksplorasi efektivitas jangka panjang dan persepsi santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kekosongan literatur dengan melakukan evaluasi pelaksanaan lagu rost di Pondok Pesantren Wali Barokah Kota Kediri. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan model analisis Miles dan Huberman. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran Al-Qur’an yang lebih efektif di pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lagu rost untuk pembelajaran membaca Al-Qur'an metode tilawati di Pondok Pesantren Wali Barokah memberikan dampak yang signifikan seperti peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an, pengalaman belajar yang menarik, dan persepsi yang positif dari para santri. Meskipun masih terdapat faktor penghambat dalam proses pelaksanaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N., & Aziz, M. “Metode Tilawati Dan Efektivitasnya Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Tsanawiyah.” Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 3 (2020): 245–59.
Ahmad, S., & Rahman, A. “The Impact of Tajweed Rules on the Proficiency of Quran Recitation.” Journal of Islamic Education Studies 7, no. 1 (2020): 12–25.
Bahak udin, Moch. “Indonesian Journal of Islamic Studies,” n.d. https://doi.org/10.21070/ijis.v6i0.1594.
Bukhari, A. “Penggunaan Nada Dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus Di Pesantren Modern.” Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 3 (2020): 210–25.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019.
Fadli, Muhammad Rijal, and Siti Irene Astuti Dwiningrum. “PESANTREN’S DIGITAL LITERACY: An Effort to Realize the Advancement of Pesantren Education.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 22, no. 2 (2021): 338–59. https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.14221.
Fakhrurrazi, F., & Sebgag, S. “Methods of Learning Kitab Kuning for Beginners in Islamic Boarding School (Dayah).” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 3 (2020).
Farhana, F., & Aziz, A. “Lagu Rost Dalam Pembelajaran Tajwid: Sebuah Tinjauan Teoritis.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 14, no. 1 (2021): 55–67.
Fitriani, F., & Rahim, R. “Pengaruh Lagu Rost Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam Terapan 9, no. 2 (2021): 45–58.
Hayin Wahyu Permadi, n.d.
Herlina, S., Rahman, M. A., Nufus, Z., Handrianto, C., & Masoh, K. “The Development of Students’ Learning Autonomy Using Tilawati Method at a Madrasatul Quran in South Kalimantan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 18, no. 2 (2021): 431–50.
Hunainah, Hunainah, Imroatun Imroatun, Dody Riswanto, and Hayati Hayati. “Introduction To Hijaiyah Letters Through Tilawati Method To Students Aged 5-6.” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 10, no. 2 (2021): 119–27.
Jaeni, U., & Basuki, I., Moedjiarto. “Culture Learning Management Al-Quran Model Tilawati to Improve Student Character.” IJORER: International Journal of Recent Educational Research 1, no. 3 (2020): 286–300. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i3.65.
Karimah, Ummah, Diah Mutiara, Rizki Rizki, and Muhammad Farhan. “Pondok Pesantren Dan Tantangan: Menyiapkan Santri Tangguh Di Era Society.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (June 26, 2023): 42. https://doi.org/10.30659/JSPI.6.1.42-59.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Mottaghi, T., & Soltani, R. “The Impact of Melodic Recitation (Maqamat) on Quran Memorization and Recitation Accuracy.” Journal of Quranic Studies 12, no. 2 (2020): 45–58.
Purnamasari, Risda Nur, and Ainun Nadlif. “Application of the Tilawati Method on Speed of Reading Al - Qur’an at the Al - Qur’an Education Park (TPQ) Sidoarjo Regency:” Indonesian Journal of Education Methods Development 17, no. 4 (November 21, 2022): 10.21070/ijemd.v20i.678-10.21070/ijemd.v20i.678. https://doi.org/10.21070/ijemd.v20i.678.
Rohimah, Rt Bai, Sholeh Hidayat, and Suherman Suherman. “Educational Supervision: Analysis of Learning the Qur’an Tilawati Method at User Institutions in Surabaya.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9, no. 2 (2024): 956–62. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1011.
Suharto, H. “Pengaruh Melodi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an: Studi Empiris.” Jurnal Pendidikan Islam Terapan 10, no. 3 (2020): 170–85.
Supriadi, Udin, Tedi Supriyadi, and Aam Abdussalam. “Al-Qur’an Literacy: A Strategy and Learning Steps in Improving Al-Qur’an Reading Skills through Action Research.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 21, no. 1 (2022): 323–39. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.1.18.
Syamsuddin, S., & Hanifah, H. “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 18, no. 1 (2020): 56–72.
wawancara dengan Ali Hasan Alhuda, n.d.
Wawancara dengan dewa satria, n.d.
Wawancara dengan Irfan Maulana Aziz, n.d.
wawancara dengan M. Fajar Apriansyah, n.d.

Downloads

Published

31-03-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Penerapan Lagu Rost Untuk Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode Tilawati Di Pondok Pesantren”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 31, 2024): 866–879. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2434.