Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Nilai-nilai Moral Keagamaan Siswa di SDIT Imam Syafi’iy Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2842Keywords:
Cerita Islami, Nilai Moral Keagamaan, SDIT Imam Syafi'iAbstract
Penelitian ini mengkaji implementasi metode cerita Islami dalam menanamkan nilai-nilai moral keagamaan di SDIT Imam Syafi'i Kota Bima dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita Islami yang mengintegrasikan kisah-kisah Qur'ani dengan media visual, diskusi interaktif, dan praktik langsung terbukti efektif menanamkan nilai kejujuran (melalui kisah Nabi Muhammad Al-Amin), kesabaran (dari keteladanan Nabi Ayyub), kepedulian sosial, serta keadilan dan kebijaksanaan (dari kisah Nabi Sulaiman). Faktor pendukung utama meliputi: (1) kurikulum terstruktur dengan alokasi khusus cerita Islami, (2) lingkungan sekolah religius melalui pembiasaan ibadah, (3) media pembelajaran kreatif (buku bergambar, video animasi), dan (4) pelatihan guru berkala. Tantangan seperti keterbatasan konsentrasi siswa diatasi dengan teknik cerita bersegmen, sementara minimnya alat peraga ditanggapi dengan melibatkan siswa membuat media sederhana. Kolaborasi dengan orang tua melalui parenting guide memperkuat internalisasi nilai di rumah. Dampak positif terlihat pada perubahan perilaku siswa seperti meningkatnya sikap jujur, empati, dan resolusi konflik secara bijaksana. Penelitian merekomendasikan penguatan sistem monitoring jangka panjang dan digitalisasi konten untuk optimalisasi metode. Temuan ini membuktikan bahwa metode cerita Islami, ketika didukung sinergi sekolah-keluarga, mampu menjadi strategi efektif pembentukan karakter Qur'ani di sekolah dasar Islam terpadu.
Downloads
References
Abdullah, Farhat. 2019. “Metode Pendidikan Karakter Nabi MUhammad SAW Di Madrasah.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2(2):63–83. doi: 10.34005/tahdzib.v2i2.516.
Akbar, Wawan, Deny Setiawan, and Anita Yus. 2022. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Naratif Eksperensial Untuk Meningkatkan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):7724–34. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3585.
Amin, Syukri. 2019. “Penerapan Cerita Islami Dalam Meningkatkan Penalaran Moral Pada Anak.” Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling 4(2):10. doi: 10.32663/psikodidaktika.v4i2.964.
Darmalaksana, Wahyudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Lapangan. Bandung: Pre-print Digital Library.
Edimizwar, Syabuddin, Syahminan. 2023. “Konsepsi Ilmu Dalam Kisah Nabi Sulaiman Dalam Al Qur’an.” Jurnal Tarbiyah Almuslim 1(2):50–63.
Hafidz, Hafidz, Mutiya Novita Cahyani, Mohammad Zakki Azani, and Nurul Latifatul Inayati. 2022. “Implementasi Pendidikan Moral Dalam Membina Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Huda.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner 2(1):95–105. doi: 10.59944/jipsi.v1i2.44.
Hafizhatul Hilma, Ikin Asikin, and Huriah Rachmah. 2023. “Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Menanamkan Moral Keagamaan Siswa.” Bandung Conference Series: Islamic Education 3(1):1–17. doi: 10.29313/bcsied.v3i1.6239.
Hanum, Latifah. 2022. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Melalui Metode Bercerita Di Yayasan Pendidikan Al-Fazwa Islamic School.” Fitrah: Journal of Islamic Education 3(1):1–13. doi: 10.53802/fitrah.v3i1.87.
Husin, Husin, and Dodi Harianto. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Dalam Penanaman Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini.” Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(1):21–26. doi: 10.30631/smartkids.v2i1.59.
JASMINE, KHANZA. 2014. “HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A.” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu 34–60.
Maulana, U. I. N., and Malik Ibrahim. 2024. “Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Menanamkan Nilai Moral Kepada Peserta Didik Hasmiati.” (3).
Nasution, Abdul Fattah. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative.
Rachman, Arief, and Ismi Nadiyati. 2018. “Dakwah Melalui Film Animasi.” ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 9(2):29. doi: 10.24235/orasi.v9i2.3690.
Rika Widianita, Dkk. 2023. “Metode Cerita Islami Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Cerdas Desa Suka Bulan Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma.” At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam VIII(I):1–19.
Ritonga, Supardi, Devi Afriani, Putri Nopianti, Rezki Septia, Hikmah Mulyanti, Sekolah Tinggi, Agama Islam, and Negeri Bengkalis. 2023. “Metode Cerita Dalam Pembelajaran Pai.” 8:239–44.
Salisah, Siti Khopipatu, Astuti Darmiyanti, and Yadi Fahmi Arifudin. 2024. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Digital: Tinjauan Literatur.” Jurnal Pendidikan Islam 10(1):36–42.
Sapendi. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini.” AT-TURATS Vol.9 Nomo.
Shelemo, Asmamaw Alemayehu. 2023. “No Titleیلیب.” Nucl. Phys. 13(1):104–16.
Syofiyanti, Dessy, and Dian Purnomo. n.d. “Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Menanamkan Moral Keagamaan Siswa Di MIS Nurul Islam Seresam.” 1–17.
Trisia, Adelia. 2021. “Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Ayyub a.s: Ketabahan Dalam Menghadapi Ujian (Analisis Al-Qur’an Surat Shad Ayat 41-44).” Al-I’jaz : Jurnal Kewahyuan Islam Vol. 7. No.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurfidatin, Ruslan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.