Supervisi Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru PAI

Authors

  • Bagus Sholihudin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2476

Keywords:

supervisi, kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru

Abstract

Supervisi Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru PAI berperan sangat penting dan merupakan salah satu kunci keberhasilan lembaga pendidikan baik dalam proses maupun output. Penelitian ini berfokus pada supervisi akademik dan supervisi administrasi kepala sekolah dalam membina kompetensi pedagogik guru PAI di SDN Pojok 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kulalitatif dan Sulmbelr data dalam pelnellitian ini telrdiri dari data primelr dan data selkulndelr. Telknik pelngulmpullan data melnggulnakan telknik wawancara, obselrvasi dan dokulmelntasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala sekolah SDN Pojok 1 Kediri telah melaksanakan supervisi akademik dan administrasi dalam membina kompetensi pedagogik guru PAI yang dilakukan sangat komunikatif dan harmonis. Dan hasil supervisi kepala sekolah dalam membina kompetensi pedagogik guru yang dilaksanakan diantaranya yaitu: Kepala sekolah memeriksa perangkat ajar guru memeriksa kelengkapan berkas administrasi pembelajaran seperti Promes, Prota, Silabus, RPP, Modul Ajar dan lan-lain sesuai standar penilaian. Kedua kepala sekolah mengecek berkas administrasi dan menyesuaikan dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Ketiga, memperbaiki dan membina ketika ditemukan ketidak sesuaian antara perangkat ajar dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas, kepala sekolah melakukan penilaian perangkat ajar dan pelaksanaan pembelajaran. Kepala sekolah dengan cara diskusi kelompok atau secara individu mengoreksi, membina dan membantu guru untuk memperbaiki kesalahan dari hasil supervisi. Keempat, kepala sekolah menindak lanjuti kegiatan supervisi pada penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standar, dan guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/diklat lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. Pendidikan and D. Konseling, “Pengertian Pendidikan.” [Online]. Available: http://repo.iain-
[2] B. Silmi, E. Fariyatul Fahyuni, and A. P. Astutik, “Analisis Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Sekolah Dasar.”
[3] Mulyatun Nikmah, Dedi Irawan, and Aidil Azhar, “Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru Di Sdn 2 Kalirejo Pesawaran,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, vol. 2, no. 1, pp. 15–21, May 2020, doi: 10.54892/jmpialidarah.v2i1.23.
[4] E. Kurniawan, M. Nizzam, M. A. Fatikh, and M. H. Rofiq, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa,” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. 1, pp. 27–38, May 2022, doi: 10.54069/attadrib.v5i1.226.
I. W. Mujahid, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Dan Etos Kerja Islam Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Guru Tetap Yayasan SD Islam Ulil Albab Kebumen),” Kebumen, 2023. Accessed: Jan. 28, 2024. [Online]. Available: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/910/1/jurnal%20skripsi_imam%20wahyu%20mujahid.pdf
F. Fatihah, M. Malik Ibrahim, and S. Azisah, “Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kedisiplinan Guru Terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba,” Manajemen Pendidikan, vol. 14, no. 1, pp. 45–51, Sep. 2019, doi: 10.23917/jmp.v14i1.8508.
N. Aisyah, “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTSN 10 Tanah Datar,” Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Batu Sangkar, 2022.
H. Arista, A. Mariani, D. Sartika, D. Murni, and E. K. Harahap, “Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Input, Proses dan Output),” Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 38–52, Apr. 2023, doi: 10.59373/kharisma.v2i1.13.
R. F. Kusumadewi, S. Yustiana, and K. Nasihah, “Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd,” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), vol. 1, no. 1, Jul. 2020, doi: 10.30595/.v1i1.7927.
S. A. Riska, “Supervisi Pendidikan,” 2020, doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/q6jxh.
I. Nasution, Supervisi Pendidikan. CV. Pudikra Mitra Jaya, 2021.
N. Budiyanti, A. A. Aziz, D. Sunandar, and M. Erihadiana, “Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Spiritual Pendidik,” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 01, p. 188, Jan. 2021, doi: 10.30868/im.v4i01.827.
[13] F. W. Dari, S. Marsidin, R. Rifma, and H. Al Kadri, “Hubungan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Pedagogik Guru Pada SMK Negeri 2 Padang,” Journal of Educational Administration and Leadership, vol. 2, no. 3, pp. 248–253, Jan. 2022, doi: 10.24036/jeal.v2i3.206.
M. Mustari, “Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi di Masa Pandemi Covid 19,” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 2296–2303, Jan. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1963.
F. Rahman, R. Maya, and M. H. Ginanjal, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas VIII Di SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020,” Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, vol. Vol. 3, no. No. 01, pp. 1–13, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i01.950.
Moch. B. U. B. Arifin, Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press, 2018. doi: 10.21070/2018/978-602-5914-19-5.
S. Alfia and A. Nadlif, “Application of Problem Based Learning in Grade 3 Islamic Religious Education Lessons on Disgraceful Morals in Elementary Schools,” Indonesian Journal of Education Methods Development, vol. 21, no. 2, May 2023, doi: 10.21070/ijemd.v22i.733.
I. N. Sanglah, “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, vol. 4, no. 3, p. 528, Nov. 2021, doi: 10.23887/jp2.v4i3.40700.
D. Ruswansyah, A. A. Andari, N. Hidayah, and I. Zulkarnain, “Inplementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Citra Angkasa Bandar Lampung,” Unisan Journal:Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, vol. 00, no. 00, pp. 1–12, 2022.
[20] M. A. Ismanto, “Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru Di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan,” universitas Islam K.H Abdurrahman Wahid, Pekalongan, 2023.
S. Sagala, Supervisi pembelajaran Dalam Profedi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2020.
D. K. Sitaasih, “Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 4, no. 2, p. 241, Jun. 2020, doi: 10.23887/jisd.v4i2.25461.
S. A. Riska, “Supervisi Pendidikan,” OSF Preprints, Mar. 2020.
[24] I. Sofia, S. A. Nafla, S. Siraj, S. Situmorang, T. Wulandari, and T. Y. Hidayatullah, “Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran,” Educativo; Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, May 2023.
[25] hanif Y. Purbasari, H. Fitria, and A. Martha, “Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalitas Guru ,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 3, 2021.

Downloads

Published

30-03-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Supervisi Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru PAI”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 30, 2024): 980–990. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2476.