Pembinaan Karakter Religius Siswa melalui Kegiatan Bina Pribadi Islam di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya Ogan Ilir

  • Andi Sarinawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Kata kunci: pembinaan, karakter religius, bina pribadi islam

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembinaan karakter dalam kegiatan bina pribadi Islam melalui kegiatan bina pribadi Islam yang siswa belajar diluar jam pelajaran formal yang secara berkelompok setiap kelompok ada guru atau pembina yang disebut sebagai murobbi. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan bina pribadi Islam SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga dan faktor pendukung pembinaan kaarkter religius siswa melalui kegiatan bina pribadi Islam SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan bina priba Islam dan untuk mengetahui faktor pendukung pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan bina pribadi Islam SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan pokok dari penelitian ini adalah ketua pembina bina pribadi Islam sedangkan informan pendukungnya adalah kepala sekolah dan pengajar bina pribadi Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara destriftif dengan menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pembinaan karakter religius siswa yang diterapkan oleh pembina yaitu : 1) proses pemahaman awal, 2) proses pembiasaan pada kegiatan bina pribadi Islam, 3) proses evaluasi pada kegiatan BPI 4) proses keteladanan siswa yang merupakan pendukung untuk terbentuknya karakter pada kegiatan bina pribadi islam. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa pembinaan karakter religius siswa pada kegiatan bina pribadi islam di SMP IT Raudhatul Ulum sudah berjalan dengan baik. Adapun faktor pendukung pembinaan karakter religius siswa pada kegiatan bina pribadi islam di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga adalah: adanya buku pedoman dari kegiatan BP, adanya pelatihan khusus untuk pembina BPI dan adanya kegiatan non BPI yang mendukung kegiatan BPI.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

A Doni Koesuma. (2007) Pendidikan Karakter;Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta:Grasindo.
Aditomo Anindito. (2022) Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Palajar Pancasila Jakarta.
Afifah dan Imam Mashuri. (2019) Strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa (studi multi kasus SDI Raudluatul Jannah sidoajo dan SDIT Ghilmani Surabaya) dalam jurnal Volume 3 Nomor 2.
Ancok Djamaluddin dan Suroso. (2001) Psikologi Islam Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Andrian Gilang Faisal dkk. (2018) Evaluasi Program Mentoring Agama Islam, dalam Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, Vol.1 No.2.
Asmani Jamal Ma’mur. (2013) Buku Paduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jakarta: DIVA Press.
B. Simanjuntak dan I Lpasaribu. (1990) Membina Dan Mengembangkan Generasi Muda, Bandung: Tarsito.
Departemen Pendidikan Nasional (2011) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas.(2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fadliyni Fani. (2020) Implementasi Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar Inspiratif Al-Ilham Kota Bantar, Jurnal Bestari Vol. 17 No.2.
Gunawan Heri. (2012) Pendidikan Karaketer Konsep dan Implementasi, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Gunawan Imam. (2013) Metode peneliti kualitatif teori & praktik, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayatulloh Furqon. (2010) Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka.
Jalaluddin. (2011) Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers.
Karmila Wat dkk. (2021) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Progam BPI (Bina Pribadi Islami) di SMPIT Al-Khoiriyah Garut, Jurnal pendidikan Agama Islam.
Kurniawan Syamsul. (2016) Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Majid Abdul dan Diah Andayani. (2013) Pendidikan Karakter Pesrpektif Islam Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Meity Taqdie Qodratillah, Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar, (Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011),hlm 54
Miles dan Michael Huberman. (1992) Analisis Data Kualitatif, Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rahidi, Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong Lexy. (2018) Metode Penelitian Kalitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana Deddy. (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2010) Manajemin Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mustari Mohammad. (2014) Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, Depok, PT Raja Grafindo Persada.
Mutara Sachiko dan William C. Chitttick. (1997) Triogi Islam, : Islam, Iman, Ihsan, Jakarta: Raja Grafindo.
Nasiruddin.(2009) Pendidikan Tasawuf, Semarang: Rasail Media Group.
Qordratillah Meity Taqdir. (2011) Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ridha Achmad Rasyid. Manajemen Oprasional Bina Pribadi Islam di Sekolah Islam Terpadu.
Riswandi Muhammad. (2012) Manajemen Mentoring, Karawang, Ilham Publishing.
Sani Abdullah dan Muhammad Kadir. (2016) Pendidikan Karakter Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sarijun Muhammad. (2011) Manajemen Halaqoh Efektif, Oslo: Era Adicitra Intermedia.
Sriwilujeng Dyah. (2017) Panduan Implementasi Penguuatan Pendidikan Karakter, Jakarta: Erlangga.
Subagoyo Joko. (2011) Metode Penelitian dalam Teori & Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Subandi. (2014) Psikologi Agama & Kesehatan Mental, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiono. (2017) Metode Penelitian Kualitatif; untuk penelitian yang bersifat Eksploratif, Enterpetif, Interaktif dan Konstruktif, Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2019) Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata Nana Saodih. (2012) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja
Diterbitkan
2023-09-25
Bentuk Sitasi
Sarinawati, Andi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 25, 2023): 77-92. Accessed February 10, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1418.
Section
Articles