Implementasi Project Based Learning untuk Mengembangkan Literasi Numerasi Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tebo  Jambi

Authors

  • Dedi Yuisman Dedi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo
  • Sri Wahyuningsih Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo
  • Nurfatmawati Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo
  • Tri Murni Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo
  • Dika Shaputra Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2952

Keywords:

project based learning (PjBL), literasi numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan literasi numerasi siswa melalui implementasi model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tebo Jambi yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata literasi numerasi siswa mencapai 69,3 dengan ketuntasan klasikal 52,2% (12 siswa tuntas). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 82,6 dengan ketuntasan klasikal 82,6% (19 siswa tuntas). Hasil ini membuktikan bahwa penerapan PjBL mampu meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pembelajaran berbasis proyek yang kontekstual, kolaboratif, dan bermakna. Dengan demikian, Project Based Learning dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan literasi numerasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tebo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Fajri, N., S.Bachri, B., & Susarno, L. H. (2024). Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Literasi Numerasi. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 59–70. https://doi.org/10.26618/jkm.v13i1.14289

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Project-Based Learning: Its Effects on Numeracy and Digital Literacy Proficiency in Elementary Education. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planne. Deakin University.

Krisnamurti, C. N., & Rahayu, S. R. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.237

Larasati, C., Murniati, N. A. N., Farkhahani, A., & Nugroho, A. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Pemahaman Numerasi Materi Pecahan Pada Siswa Kelas 2 Sdn Sarirejo Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 250–257. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.250-257

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.

NURWAHID, N. (2024). Melatih Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sawo Dengan Mengembangkan Lkpd Berbasis Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (Akmi). Jurnal Abadimas Adi Buana, 8(01), 29–39. https://doi.org/10.36456/abadimas.v8.i01.a9222

OECD 2023. (2022). PISA PISA 2022 Results Malaysia. Journal Pendidikan, 10. https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/malaysia-1dbe2061/

Rohim, D. C., & Nugraha, Y. A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di SD Jatiroto 01. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 183–189. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p183-189

Rudiawan, Tindangen, M., Rosifah, D., & Fendiyanto, P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (Pjbl), Problem Based Learning (Pbl), Dan Kooperatif. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2023, 67–72.

Tamarin, V., Mangkuwibawa, H., & Marthyane Pratiwi, I. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v7i1.2573

Tati Suhartini, E. K. (n.d.). Pengembangan Modul Berbasis PjBL Untuk Mendukung Kemampuan Numerasi pada Materi Bangun Ruang. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 546–558.

Tyaningsih, R. Y., Kamarudin, Nurlailah, Pahlevi, R., Utama, R. S. P., & Fitriana, F. N. (2023). Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa melalui Praktik Lesson Study di Sekolah. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(2), 243–252. https://doi.org/10.29303/jm.v5i2.6347

Downloads

Published

29-09-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Implementasi Project Based Learning Untuk Mengembangkan Literasi Numerasi Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tebo  Jambi”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 3 (September 29, 2025): 339–346. Accessed November 27, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2952.