Pembuatan Komik Digital sebagai PJBL di Kelas IV

  • Aura Syifa Salsabila PGSD Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Prana Dwija Iswara PGSD Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Julia Julia PGSD Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Kata kunci: Literasi baca-tulis, komik digital, PjBL, media pembelajaran

Abstrak

Literasi membaca dan menulis sudah menjadi bagian kebutuhan yang sangat penting. Permasalahan utama terkait literasi membaca dan menulis yang terdapat di salah satu sekolah dasar di Kota Bandung pada peserta didik kelas IV, adalah kurang menariknya pembelajaran di kelas, dan kurang antusiasmenya peserta didik pada saat di kelas. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah dengan adanya penggunaan model PjBL (Project Based Learning). Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan jenis pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian pre-experimental, dan dengan melakukan one-shot case study. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu uji satu sampel (one sample t-test). Hasil uji t satu sampel (one sample t-test) menunjukkan p-value hasil penilaian model PjBL peserta didik <0,001 yang artinya klaim diterima pada hipotesis H0 bahwa rata-rata nilai tidak sama dengan 75. Dengan perolehan rata-rata nilai keseluruhan siswa adalah 76,050. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata nilai peserta didik melebihi KKM selama menggunakan model PjBL. Melalui data tersebut terlihat bahwa pengimplementasian model PjBL berpengaruh baik dalam kompetensi literasi baca-tulis peserta didik. Dalam PjBL, hasil proyek siswa cenderung bagus dan layak untuk mendapat skor tinggi. Mereka berpotensi untuk mampu mengembangkan proyek lain seperti membuat poster dan spanduk. Pembelajaran proyek digital sangat menarik bagi siswa yang menguatkan temuan agar pembelajaran didorong pada proyek digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Bilqis, A., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 437–448. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.628
Candra Yusro, A., & PGRI Madiun, U. (n.d.). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 3 Melalui Media Pembelajaran Komik Digital di SDN 2 Bandar.
Dewi Anggraini, P., & Sri Wulandari, S. (n.d.). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Erlina, T., & Iswara, P. (2023). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android sebagai Media Membaca Permulaan Siswa SD Kelas I. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2). doi:https://doi.org/10.32507/attadib.v7i2.1930
Fatah, A. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Atau Project Base Learning (PJBL) Melalui Poster Kreatif Dalam Pembelajaran Daring Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah. Amerta Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 45–54. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/amerta/article/view/151
Hanifah, H., Aeni, A. N., & Kurnia Jayadinata, A. (2023). Pengembangan Komik Digital Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI. ASANKA: Jounal of Social Science and Education, 04. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka
Kharissidqi, M. T. ., & Firmansyah, V. W. . (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108–113. Retrieved from https://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34
Kusripinah Endang Roro Raden. (2022). Penerapan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Baca-Tulis: Literature Review. Subrata Heru, 11(2).
Lu, M., Soares, F., Lia, M., Freitas, F., Amaral, E., Nacional, U., & Lorosae, T. (n.d.). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) pada Materi AKSA
Novita, D., Sari, A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. In Pancasakti Science Education Journal PSEJ (Vol. 2, Issue 2). http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej
Nurhalimah, I., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan Aplikasi Android dalam Pembelajaran Menulis Cerita di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 15(1), 102–120. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2135
Permatasari, A., Prodi, D., Pemerintahan, I., Universitas, F., & Yogyakarta, M. (2015). Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.
Rofikoh, Iswara, P. D., & Nugraha, D. (2023). The "Baca Mandiri" Application Overcomes the Difficulty of Reading Beginning Post-Online Learning. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 134–141. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.59378
Rosmiati, S., Iswara, P. D., & Djuanda, D. (2024). Pengembangan Media Flipbook Audio sebagai Media Pembelajaran Membaca Nyaring di Kelas II SD. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2909-2920. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3985
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Mipta, R. A., Janah, M., Thifana, A. R., Susanti, R., & Marini, F. P. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi.
Septiani, E., Sari, N. I., & Rusmana, I. M. (2021). Pelatihan Peningkatan Literasi dalam Penggunaan Media Pembelajaran Komik di SDS Angkasa 4, Jakarta Timur. JABB, 2(2). https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2
Shila Shufairo’, Maila Fazza, & Syailin Nichla Choirin Attalina. (2024). Implementasi Model Pembelajaran PjBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indoenesia Kelas 3 MI I’Anatush Shibyan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(3), 1926–1937. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1146
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Cet. 21).
Utari, R., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2024). Pemanfaatan e-book digital untuk meningkatkan keterampilan menulis dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 15(1), 91-101.
Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan Literasi Di Rumah Pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059
Diterbitkan
2024-09-30
Bentuk Sitasi
Salsabila, Aura, Prana Iswara, and Julia Julia. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 3 (September 30, 2024): 71-87. Accessed May 16, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2549.
Section
Articles