Manajemen Konflik dalam Menjaga Harmoni Antara Guru dan Siswa di SMK Yapis Santong Tahun 2025
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2961Keywords:
Manajemen Konflik, Konflik dalam Pendidikan, Harmoni, Guru dan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen konflik dalam menjaga harmoni antara guru dan siswa di SMK YAPIS Santong pada tahun 2025. Dalam lingkungan pendidikan, konflik antara guru dan siswa merupakan fenomena yang tidak dapat dihindari. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang berfokus pada penggambaran secara mendalam mengenai peran manajemen konflik dalam menciptakan hubungan yang harmonis antara guru dan siswa. Sumber data penelitian ini meliputi guru, siswa, dan kepala sekolah, yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab konflik antara guru dan siswa, seperti perbedaan persepsi, tekanan akademik, dan komunikasi yang kurang efektif. Namun, sekolah menerapkan berbagai strategi manajemen konflik, seperti mediasi, komunikasi terbuka, dan pendekatan personal, yang terbukti efektif dalam meredakan ketegangan dan menjaga hubungan yang harmonis. Selain itu, adanya pembinaan karakter dan penerapan nilai-nilai kerjasama juga menjadi kunci utama dalam mengurangi potensi konflik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar manajemen konflik di sekolah terus ditingkatkan dengan memberikan pelatihan komunikasi bagi guru, serta membangun saluran komunikasi yang lebih efektif antara guru dan siswa. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pemahaman lebih mendalam mengenai pentingnya manajemen konflik yang efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan harmonis.
Downloads
References
Agung, Zamhari. 2015. “Upaya dalam Penyelesaian Konflik antara Guru dan Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMDI) 8, no. 2: 22–32.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2015. “Al Qur’an dan Terjemahannya.” Dalam Al Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Kementrian Agama RI.
Ekawarna. 2018. Manajemen Konflik dan Stres. Jakarta: Bumi Aksara.
Imam, Ghozali. 2010. Ihya Ulumuddin. Jakarta: Pustaka Azzam.
Jumadil, Akso. 2019. “Implementasi Nilai Harmoni dalam Pendidikan Islam untuk Membangun Hubungan Positif antara Guru dan Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2: 40–56.
Kusworo. 2019. Manajemen Konflik dan Perubahan dalam Organisasi. Bandung: Alqaprint Jatinangor.
Mahalli, J, dan J Suyuti. 2014. Terjemahan Tafsir Jalalain berikut Asbabun Nuzul. Terjemahan oleh Bahrun Abubakar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519-535.
Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 113-141.
Nisa, K. (2019). Mengembangkan Keativitas Anak Melalui kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan 1 Tanjung Sari Nastar Lampung Selatan. Skripsi Sarjana: Tarbiyah dan Keguruan. 18
Muslim, A., & Rasyidi, A. H. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Sejarah dan Pemikiran). PENERBIT.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.
Prahastuti. 2019. Harmoni dalam Hubungan Guru dan Siswa: Kunci Keberhasilan Pendidikan. Yogyakarta: Erlangga.
Qardhawi. 2014. Fiqh al-‘Aqa’id wa al-‘Adat. Cairo: Dar al-Turath.
Rasyid. 2016. Pendidikan Islam dan Komunikasi Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sudirman, dan Mufakat Sadli. 2019. “Peran Komunikasi dalam Manajemen Konflik Antara Guru dan Siswa.” Jurnal Psikologi Pendidikan 14, no. 1: 101–11.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Afabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani, A. 2017. “Manajemen Konflik dalam Pendidikan: Studi Kasus di Sekolah Menengah 7 Purwodadi.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) 3, no. 2: 94–102.
Taimiyah, Ibn. 2012. Al-Fatawa Al-Kubra. Cairo: Dar al-Ma’arifa.
Zaitun, dan Dedy Muhammad. 2020. “Manajemen Konflik dan Penerapan Nilai Islam dalam Pendidikan: Studi Kasus di MI Terpadu.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 3: 78–87.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Izzah Muslim, Irhas, Mariawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







