Hubungan Aktivitas Bermain dengan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK Assholihiyah Likok Lekong Desa Santong

Authors

  • Siti Nurhaliza Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al- Mahsuni, Lombok Timur
  • Khairul Azmi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al- Mahsuni, Lombok Timur
  • Mariawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al- Mahsuni, Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2959

Keywords:

Aktifitas Bermain, kecerdasan social emosional, tk assholihiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas bermain dengan kecerdasan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Assholihiyah Likok Lekong Desa Santong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Assholihiyah sebanyak 31 siswa, dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket aktivitas bermain dan angket kecerdasan sosial emosional. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan bantuan program SPSS 26. Analisis data dilakukan dengan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas bermain dengan kecerdasan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas aktivitas bermain anak, semakin baik pula kecerdasan sosial emosional yang dimilikinya. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pendidik dan orang tua untuk lebih mengoptimalkan aktivitas bermain anak sebagai sarana pengembangan aspek sosial emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah Rodhwa Nisa, “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak” Jurnal Audhi Vol. 4, No. 1, Juli 2021, Pages 1-7

Aisyah Rodhwa Nisa, “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak” Jurnal Audhi Vol. 4, No. 1, Juli 2021, Pages 1-7

Anantha Derbya Azzahra dkk, “ Peran Orang Tua Dalam Mendukung Perkembangan Potensi Anak Usia Dini” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 1 Tahun 2024

Anita Fikuri dan Wiji Astuti “Strategi dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini” Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol 2, No 1, (2021): 62 – 70

Astuti, W., & Triani, L. Peran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menunjang Perkembangan Kognitif Dan Sosial Anak. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 5(2), 36-47. 2024

Azmi dkk, “Pengaruh Tingat Pendidikan Terhadap Pernikahan Usia Dini Di Kecamatan Praya Barat”, Jurnal Pendidikan, v14i1.419

Damaiwaty Rangkuti , “Permainan Yang Berorientasi Pada Tumbuh Kembang Anak Usia Dini“ Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Vol 7. No 2 ( 2015)

Diajeng Aulia, Sudaryanti, “Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Social Emosional Anak Usia Dini” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini vol. 7 issue 4 [2023], hlm 4566

Diana, Yulia Kurniawati Sugiyo Pranoto, Anisa Utamiyantin Tri Rumpoko, “Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Bermain Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi Se-Jawa Tengah” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6 issue 6 [2022], hlm 7448

Dyah Nur Azizah Rois dkk, ”Persepsi Guru PAUD Terhadap Pentingnya Pemahaman Neurosains ” Bunga Rampai Usia Emas (BRUE). Vol. 9 No. 1 Juni 2023

Eka Yuliana dan Ilfan Tufail, “Analisis Peran Bermain dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Suatu Pendekatan Multi Perspektif “Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Volume. 5, Nomor. 4, Tahun 2024

Lailatul Wahidah dkk. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Karyawisata di Paud Tk Alkhairaat Bungi Kabupaten Morowali “Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5, 1 (Juni, 2024), hlm. 603-608

Mardiah Wulandari, Moch. Asmawi, Karnadi, “hubungan status gizi dan aktivitas bermain melalui keterampilan gerak dasar anak taman kanak-kanak”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 Issue 2 [2021], hlm 1710

Mariawati dkk, ”pengaruh Metode Parenting Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun”, Journal of Primary Education Research. Vol. 1, No. 2, September2024

Nidaa’an Khafiyya, Suyadi. “Urgensi Pembelajaran Seni Untuk Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini: Tinjauan Neurosains “Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. No 1. 2022

Nurjanah, “Mengembangkan Kecerdasan Social Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan:” Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam vol.14,no 1, juni 2017, hlm 50

Putri Rahmi, “Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini” Jurnal Pendidikan Anak vol.VI, no 2, 2019, hlm 20

Qory Jumrotul Aqobah dkk, “Permainan Tradisional Engklek Untuk peningkatan Motorik Peserta Didik Di Sekolah Dasar “Journal Olahraga ReKat (Rekreasi Masyarakat) Volume 2 Issue 1, Juni 2023 (1-15 )

Siti Nur Hayati dan Khamim Zarkasih Putro, “Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini“ Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 1, Mei 2021

Downloads

Published

28-09-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Assholihiyah Likok Lekong Desa Santong”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 3 (September 28, 2025): 155–165. Accessed November 27, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2959.