Psikologi Agama sebagai Alat Intervensi dalam Mengatasi Emosional pada Peserta Didik

  • Rahayu Fuji Astuti Universitas Potensi Utama, Medan, Sumatera Utara
  • Dwi Afri Yani UIN Sumatera Utara
  • Nazliyani Pane UIN Sumatera Utara
  • Mita Safira Br Rambe UIN Sumatera Utara
  • Fatih Alwi Haya Lubis UIN Sumatera Utara
  • Siti Nur Aminah Tanjung UIN Sumatera Utara
  • Hafiz Luthfi UIN Sumatera Utara
Kata kunci: Psikologi Agama, Intervensi, Emosional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran psikologi agama sebagai alat intervensi dalam mengatasi emosional pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan library research atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan berbagai sumber literatur yang relevan dan kredibel, termasuk buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan teori kecerdasan emosi yang dikembangkan oleh Daniel Goleman. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat 5 komponen dasar kecerdasan emosional menurut Daniel Goleman, diantaranya pengaturan diri, motivasi, empati dan kecerdasan social. Kemudian terdapat beberapa pendekatan psikologi agama yang dapat digunakan sebagai alat intervensi dalam mengatasi masalah emosional pada peserta didik, meliputi dukungan sosial, penerapan nilai-nilai agama, pemahaman diri, perkembangan emosional, dan relisiensi. Kesimpulan dari penelitian ini Psikologi Agama berfungsi sebagai alat intervensi dalam memahami dan mengatasi masalah kejiwaan yang berkaitan dengan keyakinan religious pada peserta didik. Selain itu dukungan sosial keagamaan dapat diperoleh dari kelompok atau teman sebaya.

This research aims to determine the role of religious psychology as an intervention tool in dealing with emotions in students. The method used in this research is a qualitative method with a library research or literature study approach. Data collection techniques in this research involve various relevant and credible literature sources, including books, scientific journals, articles and other documents related to the theory of emotional intelligence developed by Daniel Goleman. The results of this research are that there are 5 basic components of emotional intelligence according to Daniel Goleman, including self-regulation, motivation, empathy and social intelligence. Then there are several religious psychology approaches that can be used as intervention tools in overcoming emotional problems in students, including social support, application of religious values, self-understanding, emotional development, and resilience. The conclusion from this research is that Religious Psychology functions as an intervention tool in understanding and overcoming psychological problems related to religious beliefs in students. Apart from that, religious social support can be obtained from groups or peers.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abudin Nata. (2018). Psikologi Pendidikan Islam. PT Raja Grafindo Persada.
Akhraini, L. A. (2024). Perilaku Manusia Dalam Perspektif Psikologi Lintas Budaya. UB Press.
Amarullah, S., Maulidi, A., Syarifudin, E., & Fauzi, A. (2023). Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(10), 4607–4617.
Astri Sutisnowati, D. (2024). Pengantar Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif. Publika Indonesia Utama.
Astuti, R. F. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Berbasis Tasawuf Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Qadir Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 3(2), 11–12.
Chandra, & Alam. (2021). A Descriptive Study on How Students’ Emotional Quotient (EQ) Affected in Online Learning. Indonesian Journal of Learning Studies IJLS, 1(1), 20–29.
Daniel Goleman. (2024). EMOTIONAL INTELLIGENCE Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama.
Dessy Syofiyanti, & dkk. (2021). Teori Psikologi Agama. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dona Tihnike, Siti Yumnah, Nurhidayanti Pratiwi, Imam Faisal Hamzah, D. (2024). Psikologi Agama. CV. Basya Utama.
Fitria, E. (2024). Komparasi Sistem Pendidikan Finlandia dan Singapura. Jurnal Genesis Indonesia, 3(01), 34–48. https://doi.org/10.56741/jgi.v3i01.501
Hariyono, D. (2024). Perkembangan Peserta Didik (Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik Pada Era Digital). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hasan, Handayani, & Psych. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Siswa Tunarungu Di Sekolah Inklusi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(2), 128–135.
Hidayah, N. dan A. A. (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psikologi Pendidikan. Gunung Samudera.
Indah Fajar Rosalina, D. (2024). Buku Ajar Psikologi Komunikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jarvis, M. (2019). Teori-Teori Psikologi: Pendekatan Modern Untuk Memahami Perilaku, Perasaan dan Pikiran Manusia. Nusa Media.
Jeffrey. (2021). Gangguan Psikologis Konsepsi dan Aplikasi Psikologi. NUSAMEDIA.
Kistoro. (2018). Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–18.
Kurniasari. (2016). Gaya Pengasuhan Dan Kecerdasan Emosi Anak. Sosio Informa, 2(2), 185–202.
Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga (4th ed.). Kencana.
Ma’arif, & Zulia. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 30–66.
Magdalena, I. (2021). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tim CV Jejak.
Mardjun. (2019). Urgensi Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Hunafa, 4(4), 333–338.
Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Kencana.
Muhammad Rizal. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PENERBIT PRADINA PUSTAKA.
Muslim, M. (2022). Pengembangan Kecerdasan Emosioanal Peserta Didik Dalam Pengalaman Nilai-Nilai Al-Qur’an di SMAN 4 Kabupaten Pandeglang. Islamika (Jurnal Agama, Pendidikan, Dan Sosial Budaya), 16(1), 76–92. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/islamika.v16i1.2491
Netty Herawati, D. (2022). Pemberdayaan Psikologi Kelurga. CV. Adanu Abimata.
Ni’matuzahroh, Sulivan Ftriati, A. P. (2023). Psikologi Sekolah: Konsep, Isu, Intervensi Sekolah Peka Mental Health. Universitas Muhammadiyah Malang.
Niken Bayu Argaheni, Grhasta Dian Perestroika, R. A. S. (2023). Bidan Inspiratif Untuk Negeri Inovasi REKIS. CV. Jejak.
Nisa, & Susandi. (2021). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 154–170.
Novitasari, P. P., Hanafi, S., Naim, M., Sultan, U., Tirtayasa, A., Serang, K., Serang, K., Unyur, K., Serang, K., Serang, K., Emosional, K., & Dini, A. U. (2019). Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Menunjang Perkembngan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Dini Di Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 190–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7314
Nugraha, S. A., & Darminto, E. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BK UNESA, 11(4), 484–490.
Parmawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepubish.
Rosyad, R. (2021). Pengantar Psikologi Agama Dalam Konteks Terapi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Smith, D. (2019). Sekolah Untuk Semua Teori dan Implementasi Inklusi. Nuansa Cendekia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Alfabeta.
Susianti Selarasndari, Amelia Vinayastri, H. M. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Pedagogia.
Umrati, & Hengki Wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Untung Lasiyono, & Wira Yudha Alam. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Mega Press Nusantara.
Widianingsih. (2018). Pengaruh Program Pendidikan Fullday School Terhadap Perkembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Yuliana, Pujiastuti, & Hartati. (2020). Efektifitas Terapi Musik Klasik Monzat Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Sekolah Usia Dasar. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(1), 46.
Yusron, M. dan. (2022). Psikologi Agama. Tunas Gemilang Press.
Diterbitkan
2024-12-28
Bentuk Sitasi
Astuti, Rahayu, Dwi Yani, Nazliyani Pane, Mita Br Rambe, Fatih Haya Lubis, Siti Aminah Tanjung, and Hafiz Luthfi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 28, 2024): 337-358. Accessed February 17, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2679.
Section
Articles