Integrasi Kearifan Lokal Sidoarjo dalam Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2953Keywords:
local wisdom, social studies, nationalism, social skillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi kearifan lokal Sidoarjo dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) guna menumbuhkan sikap nasionalisme dan keterampilan sosial siswa kelas V sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian meliputi guru kelas V dan siswa di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil mengintegrasikan kearifan lokal, seperti tradisi Nyadran, Larung Sesaji, Batik Jetis, dan aktivitas ekonomi tambak bandeng serta udang ke dalam materi IPS. Integrasi ini membuat pembelajaran lebih kontekstual, menarik, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dampaknya, sikap nasionalisme siswa berkembang melalui peningkatan cinta tanah air, penghargaan terhadap budaya bangsa, kebanggaan sebagai bagian dari bangsa Indonesia, kesadaran bela negara, dan ketaatan pada aturan bersama. Selain itu, keterampilan sosial siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari kemampuan komunikasi, kerja sama, empati, toleransi, tanggung jawab, dan pemecahan masalah sosial yang semakin baik melalui kegiatan diskusi, kerja kelompok, serta simulasi berbasis kearifan lokal. Dengan demikian, integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPS tidak hanya memperkuat penguasaan materi akademik, tetapi juga menjadi sarana efektif dalam pembentukan karakter siswa. Simpulan dari penelitian dinyatakan bahwa pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal Sidoarj o dapat dijadikan strategi inovatif untuk menumbuhkan nasionalisme dan keterampilan sosial sejak dini.
Abstract
This research aims to describe the integration of Sidoarjo local wisdom in social studies learning to foster nationalism and social skills in fifth-grade elementary school students. The approach used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and document analysis. The research subjects included fifth-grade teachers and students at an elementary school in Sidoarjo Regency. The results showed that teachers successfully integrated local wisdom, such as the Nyadran tradition, Larung Sesaji, Batik Jetis, and the economic activities of milkfish and shrimp ponds into the IPS material. This integration made learning more contextual, interesting, and relevant to students' daily lives. As a result, students' nationalism developed through increased love for the homeland, appreciation for national culture, pride as part of the Indonesian nation, awareness of national defense, and obedience to shared rules. In addition, students' social skills also improved. This is evident in the increasingly better communication, cooperation, empathy, tolerance, responsibility, and social problem-solving skills through discussions, group work, and simulations based on local wisdom. Thus, the integration of local wisdom into social studies learning not only strengthens academic mastery but also serves as an effective means of character building for students. The study concluded that social studies learning based on local wisdom in Sidoarjo can be used as an innovative strategy to foster nationalism and social skills from an early age.
Downloads
References
Apriani, A.-N., & Ariyani, Y. D. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Living Values. LITERASI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 60–74. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).59-73
Asnimawati, Gunawan, A., Nafisah, D., Afifah, S. N., & Hasanah, N. (2025). Etnopedagogi sebagai Pendekatan dalam Pengembangan Materi Pembelajaran IPS di Sekolah. Indonesian Research Journal on Education, 5(5), 32–37. https://doi.org/10.31004/irje.v5i5.3098
Auliyah, U. U., Putri, A. F., Bela, S., & Segara, N. B. (2022). Transformasi Nilai Pedagogis Tradisi Nyadran Sidoarjo Sebagai Model Pembelajaran Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan Geosfer, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.24815/jpg.v7i1.23756
Azizah, P. I., Dhewantoro, H. N. S., & Basyari, A. (2022). Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPS SMP di Indonesia. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.30872/langgong.v2i1.2264
Azmi, R., & Zainil, M. (2025). Dampak Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Identitas Sosial Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(04), 940–947. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/815
Azzahra, L. (2024). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Budaya Terhadap Sikap Toleransi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Pertama. SOSIAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(3), 16–25. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i3.255
Bismark, Nasaruddin, & Ruslan. (2025). Penerapan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Peningkatan Rasa Nasionalisme Peserta Didik di MIN I Bima. JPK: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 02(01), 53–58. https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.465
Brinje, A., Hera, B. P., Imut, J., Alviani, N., Sastawati, & Kurnia, B. (2025). Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 4(1), 143–157. https://doi.org/10.55606/jurripen.v4i1.4298
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Etnawati, S. (2022). Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Fahmi, R., Sundawa, D., & Ramdhani, H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 218–231. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.19413
Farohi, A., Supriatna, N., & Ratmaningsih, N. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Gusjigang dalam Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Keterampilan Social Entrepreneurship. Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol., 14(3), 5111–5130. https://doi.org/10.58230/27454312.2644
Hariyanto. (2021). Pengembangan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 92–98. https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.204
Hazimah, G. F., Astuti, N. R. W., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn di Era Globalisasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4827–4835. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1566
Hazlim, M., Aramudin, A., Risnawati, R., & Hamdani, M. F. (2024). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kesadaran Budaya Siswa Sekolah Dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(2), 220–229. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i2.2018
Ibrahimi, R., & Marvida, T. (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Materi IPS untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa SD Negeri 3 Kuala. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Cakrawala Pembelajaran, 1(3), 1–12. https://doi.org/10.64690/jakap.v1i3.288
Irsan, Nurmaya G, A. L., Nurlaila, M., Syamsurijal, & Agus, A. A. (2024). Kearifan Lokal Sebagai Pilar Utama dalam Pembentukan Karakter Siswa: Eksplorasi dalam Konteks Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikanJurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1814–1825. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6392
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447
Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning: What is and Why it’s here to Stay. Corwin Press, Inc.
Jordi, M., & Suriani, A. (2025). Eksplorasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Praktik Pembelajaran Kooperatif di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(5), 117–127. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i5.1983
Juliani, A., Karmilasari, Agustiani, T., Mulyanah, D., & Windiyan, T. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Terhadap Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 144–170. https://doi.org/10.21009/jpd.v15i1.43245
Kurniawati, R., Amalia, A. R., & Khaleda N, I. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Budaya Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8304–8313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3719
Laksmi, P. A. S., & Arjawa, I. G. W. (2023). Kearifan Lokal Dalam Mendukung Pengembangan Industri Kreatif Di Provinsi Bali. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 4(1), 1–15. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol4iss1pp1-15
Lestari, E. F. L., & Utami, P. S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung Dalam Mitologi Jawa Tradisi Seret Gedhang di Desa Sumbersari Tumpang Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 230–244. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9659
Manik, S. A. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Lokal Sebagai Upaya Membangun Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(2), 421–425.
Miles, & Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Nabilah, S. R., Sarmini, & Yani, M. T. (2024). Nilai Karakter Pada Kearifan Lokal Nyadran Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 10(3), 358–371. https://doi.org/10.29408/jhm.v10i3.26403
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Rachman, M. A., Handayani, T., & Riyanti, W. (2023). Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 3(2), 218–228. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v3i2.10150
Ruyadi, Y. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Indonesia Emas Group.
Sanjaya, Y. A., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Di Era 4.0. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3007–3013.
Siregar, A., Khairani, A., Amalia, D. R., Khairunnisa, K., Siregar, S. S., & Yusnaldi, E. (2025). Peran Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Pema, 5(1), 73–79. https://doi.org/10.56832/pema.v5i1.722
Sugiantoro, S., Widodo, J., Masrukhi, M., & Priyanto, A. S. (2022). Integrating the value of local wisdom of the Sidoarjo community into social studies learning in junior high schools in Sidoarjo Regency, East Java, Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43, 815–824. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2022.43.4.03
Sumarni, M. L., Jewarut, S., Silvester, S., Melati, F. V., & Kusnanto, K. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 2993–2998. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1330
Syarif, F. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Terhadap Penanamanan Nasionalisme Bagi Siswa Sekolah Dasar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(02), 187–195. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.26
Umar, H. (2025). Peran Guru Kelas Dalam Integrasi Nilai Nasionalisme Pada Pembelajaran IPS Di SD Negeri 4 Weda. Jurnal Dinamis, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.33387/dinamispips
Wanudyastuti, A., Raekhan, M. R. R., Rizqiah, N., & Setiyoko, D. T. (2025). Analisis Pola Interaksi Sosial Terhadap Perilaku Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(8), 27–35.
Yampap, U., & Haryanto, H. (2022). The Value of Local Wisdom in the Burning Stone Tradition Through Learning for Character Building of Elementary School Students. International Conference on Learning Innovation and Research in Basic Education, KnE Social Sciences, 239–254. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13301
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fajar Nur Yasin, Ali Masykuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







