Strategi Guru BK dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa di MA Al-Ijtihad Danger

Authors

  • Lalu Ilham Bardansyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al-Mahsuni, Lombok Timur
  • Irhas Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al-Mahsuni, Lombok Timur
  • Mukhtar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al-Mahsuni, Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2958

Keywords:

Learing Prablems, Guidence and Counseling Teacher Strategies

Abstract

This study aims to find out: (1) the factors that affect learning problems in students (2) the strategies of guidance and counseling teachers in overcoming students' learning problems. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. The analysis techniques used are (1) data reduction, (2) data presentation, (3) conclusion drawn. Based on the results of research at MA Al-Ijtihad Danger, it shows that: (1) factors that affect students' learning problems consist of internal factors that include students' health, interests, abilities and self-motivation in learning. (2) strategies carried out by guidance and counseling teachers in overcoming learning difficulties, namely identifying learning problems, providing guidance and counseling services and special services in the form of individual counseling.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahn belajar di MA Al-Ijtihad Danger. Teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses observasi menggunakan panduan observasi agar fakta mengenai peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan pedoman wawancara yang berisikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang ingin diteliti. Wawancara dilakukan secara berstruktur dan mendalam agar data-data yang dikumpulkan jelas dan lengkap. Ketika proses wawancara berlangsung peneliti mencatat jawaban responden dan peneliti juga menggunakan alat bantu berupa Handphone untuk merekam agar mempermudah peneliti untuk menulis hasil penelitian. Peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi data penelitian. Setelah dua minggu melakukan wawancara dengan responden, data-data yang dibutuhkan sudah lengkap, selanjutnya peneliti melaporkan kepada guru bimbingan konseling dan wakil bidang kurikulum bahwa sudah selesai dalam penelitian agar dikeluarkannya surat keterangan telah melaksanakan penelitian. Selanjutnya peneliti melanjutkan melakakukan bimbingan pada dosen pembimbing agar mendapatkan pengarahan lanjutan untuk hasil penelitian lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Sudrajat, Strategi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Dari situs http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/02/03/strategi-pelaksanaan-layanan-bimbingan dan konseling/. Diakses tanggal 09 Januari 2018. ALFABETA, 2017), h. 226

Belli Bakhtiar. Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menghadapi Masalah Belajar siswa di SMA 1 Krueng Barona Jaya, Aceh Besar 2016.

Dokumentasi, (Profil Madrasah Aliyah Al- Ijtihad Danger), 13 Agustus 2025.

Gufran Efendi, dkk. Kompetensi Sosial Guru BK/Konselor Sekolah (studi Deskriptif di SMA Negeri Kota Padang), h.162. 28 September 2018.

http://www.google.com.pengertian Strategi. Diakses pada tanggal 06 Januari 2018.

Maliki, Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar suatu pendekatan imajinatif, (Jakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri, 2016). h. 3

Matthew B. Miles, A.M. Hubermani and Jhonny Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methoris Sourcebook, Third Edition. (Thonsand Oaks, California: SAGE Publications, Inc, 2014), h. 31

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan …, h. 173-175

Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 113-141.

Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519-535.

Muslim, A., & Rasyidi, A. H. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Sejarah dan Pemikiran). PENERBIT.

Nini Subini. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. (Jogjakarta: 2013). h.49.

Nisa, K. (2019). Mengembangkan Keativitas Anak Melalui kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan 1 Tanjung Sari Nastar Lampung Selatan. Skripsi Sarjana: Tarbiyah dan Keguruan. 18

Nurul Atieka, “Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 2 Sungkai Utara”. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro vol.1, No1, Juni 2016, h. 93

Prayitno dan Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), h. 99.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet ke- XXVI, (Bandung:

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XII. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002), h. 206

Supriyanto, D., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N. U., & Mojokerto, H. (2018a). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1).

Tim Pustaka Phoenix. Kamus Besar …, h. 809.

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah berbasis integrasi, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007). h.26

Yekti Endah, Sugiyono, Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling: Studi Kasus di SMAN 1 Kota Semarang. (Semarang: UNNES, 2016). h.

Downloads

Published

28-09-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Strategi Guru BK Dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa Di MA Al-Ijtihad Danger”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 3 (September 28, 2025): 150–154. Accessed November 27, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2958.