Perencanaan Jaminan Mutu Pendidikan Studi Kasus Pondok Pesantren Darussalam Bogor

  • Rio Ravi Muhammad Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Sastra Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ulil Amri Syafrin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Kata kunci: Jaminan mutu, Perencanaan, Pesantren

Abstrak

Perencanaan jaminan mutu merupakan sebuah perencanaan yang sangat penting karena jaminan mutu dapat memberikan 2 informasi yaitu kepada pihak Lembaga pendidikan sebagai umpan balik dan kepada konsumen yaitu para wali murid. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari dan melengkapi keilmuan pembaca dalam perencanaan jaminan mutu di Lembaga pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan deskriptif-kualitatif, data yang dikumpulkan  menggunakan wawancara kepada bagian-bagian terkait dengan perencanaan jaminan mutu. Hasil yang diperoleh ialah Pondok Pesantren Darussalam Bogor menggunakan manajemen berbasis PDCA (Plan, Do, Cek, Action) dan memiliki standar jaminan mutu berupa standar Kompetensi Lulusan, pendidikan agama Islam, pembinaan peserta didik, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan sekolah, pembiayaan sekolah Islam dan kerjasama.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdurrahmansyah, A., & Rismawati, I. (2022). Peningkatan kualitas Perguruan Tinggi melalui Sistem Penjamin Mutu dengan Pendekatan Total Quality Managemen. Jurnal Perspektif, 6(2), 154. https://doi.org/10.15575/jp.v6i2.177
Akhmad. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Era Digital Melalui. 10(September), 834–844.
Al, I. A. I., & Buduran, K. (2024). MODEL PERENCANAAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. 11, 1197–1210.
Mizan, A., Sa, M., & Khairunnisa, N. (2024). At Turots : Jurnal Pendidikan Islam Quality assurance planning at Madrasah Aliyah Nuurul Qur ’ an Bogor. 6(1), 53–66.
Nuraeni, N., & Mujahidin, E. (2021). Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 104. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4596
Rabiah, S. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Management of Higher Education in Improving the Quality of Education. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM
RI, P. P. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. In Kemendikbud (pp. 1–54). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/PP_tahun2005_nomor19 (Standar Nasional Pendidikan).pdf
Rosidin, A. (2017). Pemetaan Dan Perencanaan Peningkatan Mutu Berbasis Swot-Balanced Scorecard Di Perguruan Darul Hikam Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(2), 1–13. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.7785
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yuhdi, Y., Mujahidin, E., Andriana, N., Supraha, W., & Tamam, A. M. (2024). Perencanaan Jaminan Mutu Sekolah Dasar Islam Terpadu. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 234–242. https://doi.org/10.47467/edu.v4i1.518
Diterbitkan
2024-12-31
Bentuk Sitasi
Muhammad, Rio, Endin Mujahidin, Ahmad Sastra, Ulil Syafrin, and Nesia Andriana. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 31, 2024): 553-564. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2737.
Section
Articles