Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa melalui Nilai-nilai Pancasila pada Kelas 1 di SDN 51 Rite Kota Bima

Authors

  • Falmuriati Universitas Muhammadiyah Bima
  • Dewi Masitha Universitas Muhammadiyah Bima
  • Sry Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2850

Keywords:

Peran Guru, Karakter Disiplin, Nilai-Nilai Pancasila, Siswa Kelas 1, SDN 51 Rite Kota Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa melalui nilai-nilai pancasila pada kelas 1 di SDN 51 Rite Kota Bima, serta mengetahui Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa melalui nilai-nilai Pancasila di kelas 1 SDN 51 Rite Kota Bima. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki peran kunci dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui nilai-nilai Pancasila di kelas 1 SDN 51 Rite Kota Bima. Faktor pendukung dan penghambat dalam proses ini meliputi kerja sama antara guru dan orang tua, lingkungan, serta pendekatan pedagogis. Penelitian ini menekankan pentingnya kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung bagi siswa dalam membentuk karakter disiplin yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah, Widya Nanda, Ibnu Muthi, and Kota Bekasi. 2024. “Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Materi Pancasila Menggunakan Metode Holistik Di Sekolah Dasar.” 2(4):320–29.

Bahiroh, Fadiyatul. 2024. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Kelas IV Di UPT SDN 283 Gresik.” Indonesian Research Journal on Education Vol. 4 No.

Candrasari, Desma, Akbar Tsabet A. H, Almaratus Solikah, and Rani Setiawaty. 2022. “Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Pada Peserta Didik Kelas IV Di SD N 5 Klumpit.” 1(2013):251–59.

Dwijendra, Universitas, Ni Made, Adhi Dwindayani, Universitas Dwijendra, and I. Pendahuluan. 2023. “Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Optimalisasi Peran Guru PPKn Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Pancasila.” 1(2):41–48.

Fadhilah, Nur, Dhea Adela, Universitas Sebelas Maret, Universitas Nusa Putra, Sekolah Dasar, and Pedagogical Development. n.d. “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar.” 7–16.

Indra, Yohanes. 2022. “Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Karakter Pancasila Dalam Kehidupan Di Sekolah (Studi Kasus Di SMA Negeri Colomadu Pada Siswa Kelas Sebelas IPA 1 Dan 2).” Global Citizen Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 11 No.

IRSAN. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar Kota Baubau.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Volume 5.

Nur, Tegar Muhammad. 2023. “Peran Guru Sebagai Seorang Pendidik Disekolah.” Jurnal Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Volume. 8.

Nurrohman, Miftahul Akbar. 2023. “Peran Guru PPKn Sebagai Motivator Dalam Pembentukan Karakter Tanggungjawab Peserta Didik DI SMAN 16 Surabaya.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan Volume 11.

Rohmah, Diah Lailatur, and Nilamsari Damayanti Fajrin. 2024. “Analisis Upaya Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas III Di UPTD SDN Tanjung Jati 2 Bangkalan.” (6).

Sidiq, Fatimah. 2021. “Analisis Pendidikan Karakter Disiplin Kelas V SD Negeri 2 Sembawa.” Jurnal Lensa Pendas Volume 6 N.

Sulistiani, Irma, Nursiwi Nugraheni, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Negeri Semarang. 2023. “Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia.” 3:1261–68.

Suriani, Emi. 2025.“Wawancara Kepala Sekolah SDN 51 Rite Kota Bima.”

Susanti, Atika. 2024. “Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Pkndalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN Volume 11,.

Syaumi, Ihda Khaerunisa. 2022. “Implementasi Nilai Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Kewarganegaraan Vol. 6 No.

Utami, Dyah Henny. 2023. “Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar.” Borobudur Educational Review Vol. 3, No.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2896–2910.

Wulandari, Elsa. 2025.“Wawancara Guru SDN 51 Rite Kota Bima.”

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, and Dasim Budimansyah. n.d. “Kata Kunci:” 286–95.

Downloads

Published

27-06-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Melalui Nilai-Nilai Pancasila Pada Kelas 1 Di SDN 51 Rite Kota Bima”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 2 (June 27, 2025): 87–100. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2850.