Penerapan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah
Abstrak
Artikel ini menganalisis tentang gagasan ideal pembelajaran bahasa Arab pada jenjang menengah (madrasah Tsanawiyah), meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam artikel ini merupakan metode kualitatif dengan sumber kajian pustaka (library research). Semakin kreatif dan inovatif seorang pengajar dalam menyampaikan pelajaran bahasa Arab, semakin mudah murid menerima pelajaran bahasa Arab. Hal tersebut merupakan faktor utama keberhasilan pelajaran bahasa Arab jenjang MTs.
Downloads
Referensi
Usman. Metode Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Aziz, Furqonul. dan Chaidar Al-Wasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000, Cet. II.
Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Miskyat, 2012. Hamdun, Dudung. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter di Sekolah Dasarâ€,
Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 8, No. 1, 2016.
Maknun, Moch Luklil. "Buku Bahasa Arab MI di Pekalongan", Jurnal Penelitian, Vol. 11, Mei 2014.
Muhammad, Abubakar. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Mulyasa, E. Menjadi Pengajar Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Rosda Karya, 2008.
NS, Hikayat. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arabâ€, Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37, No.1, 2012.
Sa’diyah, Zumrotus. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab di MI Nurul Hudaâ€,
Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1997. Targin, Jago. Tehnik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 1984.
Tarigan, Henry Guntur. Metodologi Pengajaran Bahasa 1, Bandung: Angkasa, 1991.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.