Pengaruh Globalisasi pada Eksistensi Pendengar Radio di Era Digital
Abstrak
Di era digitalisasi saat ini, radio adalah salah satu saluran massa yang banyak digunakan untuk menyampaikan informasi. Alasan untuk ini adalah karena radio memiliki tiga keunggulan dibandingkan bentuk media lainnya, yaitu mobilitas tinggi, realitas, dan kesegaran informasi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki strategi komunikasi yang digunakan di era digital untuk mempertahankan loyalitas pendengar. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka ada 3 hasil yang didapat yaitu Pertama, radio berkembang melalui sosial media dan melakukan konvergensi media. Kedua, menyapa pendengar dan memberikan perhatian kepada komunitas pendengar. Ketiga, merencanakan strategi komunikasi yang dimulai dengan riset sampai evaluasi.
Downloads
Referensi
Komunikasi (JRK), 3(2), 82. https://doi.org/10.25077/rk.3.2.82-89.2019
Masduki. (2004). Menjadi Broadcaster Profesional (R. Suffatni (Ed.)). Pustaka Populer LKiS Yogyakarta.
Romli, A. S. M. (2009). Dasar-Dasar Siaran Radio. Nuansa.
Lathifah, K., & Ismandianto. (2021). Konvergensi Radio dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital dan Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM), 4(1),

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.