Pengaruh Globalisasi pada Eksistensi Pendengar Radio di Era Digital

  • Deyisnil Fariadi STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Radio, Digital, Konvergensi Media

Abstrak

Di era digitalisasi saat ini, radio adalah salah satu saluran massa yang banyak digunakan untuk menyampaikan informasi. Alasan untuk ini adalah karena radio memiliki tiga keunggulan dibandingkan bentuk media lainnya, yaitu mobilitas tinggi, realitas, dan kesegaran informasi yang disampaikan.  Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki strategi komunikasi yang digunakan di era digital untuk mempertahankan loyalitas pendengar. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka ada 3 hasil yang didapat yaitu Pertama, radio berkembang melalui sosial media dan melakukan konvergensi media. Kedua, menyapa pendengar dan memberikan perhatian kepada komunitas pendengar. Ketiga, merencanakan strategi komunikasi yang dimulai dengan riset sampai evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Dhamayanti, M. (2020). Pemanfaatan Media Radio Di Era Digital. Jurnal Ranah
Komunikasi (JRK), 3(2), 82. https://doi.org/10.25077/rk.3.2.82-89.2019
Masduki. (2004). Menjadi Broadcaster Profesional (R. Suffatni (Ed.)). Pustaka Populer LKiS Yogyakarta.
Romli, A. S. M. (2009). Dasar-Dasar Siaran Radio. Nuansa.
Lathifah, K., & Ismandianto. (2021). Konvergensi Radio dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital dan Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM), 4(1),
Diterbitkan
2023-09-25
Bentuk Sitasi
Fariadi, Deyisnil. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 25, 2023): 893-896. Accessed February 17, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2227.
Section
Articles