Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas 5 MI Al-Abror di Mojokerto

  • Sumartini Rahaju
Kata kunci: STAD Type Cooperative, English, Class V

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) peserta didik kelas V. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif analitis. Peklaksanaan penelitian di Kelas V MI Al-Abror yang kemampuan peserta didiknya dalam pemahaman materi mata pelajaran Bahasa Inggris cukup rendah. Model pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, dan Model analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu; Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut: untuk data awal rata-rata 59,50, data siklus I terjadi peningkatan yaitu 68,00, dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 76,50. Ketuntasan belajar pada data awal 23,33 %, Ketuntasan belajar pada siklus I adalah 66,67%, dan ketuntasan belajar pada silus II mencapai 100%. Jadi, pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe STAD pada peserta didik kelas V MI Al Abror semester 1 tahun pelajaran 2023/2024, dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris.

Abstract

The aim of this research is to improve students' English learning outcomes by implementing the STAD (Student Team Achievement Divisions) Cooperative Learning Model for class V students. This research is a descriptive analytical research type. The research was carried out in Class V MI Al-Abror where the students' ability to understand English subject material was quite low. The data collection model used is a learning outcomes test, and the data analysis model is descriptive for quantitative data. The research procedure used is classroom action research using two cycles where each cycle consists of 4 stages, namely; Planning, Implementation, Observation, and Reflection. The results obtained from this research can be described as follows: for initial data the average was 59.50, for cycle I data there was an increase of 68.00, and the average in cycle II increased to 76.50. Learning completeness in the initial data was 23.33%, learning completeness in cycle I was 66.67%, and learning completeness in cycle II reached 100%. So, implementing English language learning by implementing the STAD type Cooperative Learning Model for students in class V MI Al Abror semester 1 of the 2023/2024 academic year, can improve English learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Adha, Maulana Amirul. 2019. Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 3, no. 2, November
2019. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.11 02
Budiyono, S., & Ngumarno, N. (2019). Improving student learning achievements through application of the student teams achievement divisions (STAD) method. Journal of Applied Studies in Language 3 (2), 140-147. https://doi.org/10.31940/jasl.v3i2.1370
Djihadah, Nuryati. 2020. Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 5, Nomor 1, Mei 2020 https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-01
Firmansyah. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3
Nomor 1, Maret 2015. https://journal.unsika.ac.id/index.php/ju dika/article/view/199
HM, M. (2019). The application of STAD- Cooperative Learning Model: Efforts to increase motivation and Learning Outcomes of students in Class 5 SD N 07 Ledok Salatiga in Mathematics subjecth in Folding Symmetry and Rotating Symmetry topics. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18326/ mdr.v11i2.114-135
Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1
Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2),117–123. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807
Murjianti, A., Joebagio, H., & Suryani, N. (2018). Student Teams Achievement Division with a Learning Video to Increase Students` Achievements and Learning Motivation in Social Science Learning. Yupa: Historical Studies Journal, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.30872/yupa.v2i2.119
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013.https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Purba, I. S. B. (2018). Improving Fourth Grade Natural Science Learning Outcomes With Type Student Team Achievement Division (Stad) Cooperative Model. Journal of Elementary Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p ej.v2i2.1006
Rostia, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas V SDN 22 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2),77–93.https://doi.org/10.29210/02017119
Sholichah, Aas Siti .2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Vol.07, No. 1 http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209
Suryana, Yudho Ramafrizal. 2018. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Volume II Nomor 2, Juli 2018.
http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v2i2.10 49
Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016. DOI : 10.24269/dpp.v4i1.56
Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015.https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2. 250
Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Peserta didik Dengan Metode Problem Based Learning Pada Peserta didik Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Yamin, Monawatidan M. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No.4, Oktober 2016.
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/a rticle/view/7537
Yuliana, M., Suryaningtyas, W., & Shoffa, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas V di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education Science and Technology, 2(1), 142
Diterbitkan
2024-12-14
Bentuk Sitasi
Rahaju, Sumartini. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 14, 2024): 183-194. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2645.
Section
Articles