Relevansi Sistem Pendidikan Islam Klasik dengan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Khalafi (Studi pada Pondok Pesantren Modern Ibadurrahman Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara)
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa lebih dalam terkait relevansi sistem pendidikan Islam masa klasik dengan sistem pendidikan pondok pesantren khalafi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan komparatif. Data yang dipergunakan dalam kajian ini merupakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alur analisa mengacu pada teori Miles & Huberman, dengan triangulasi data sebagai uji keabsahannya. Hasil studi menyatakan bahwa terdapat relevansi antara sistem pendidikan Islam di masa klasik dengan sistem pendidikan pondok pesantren khalafi. Mulai dari tujuan pendidikan, materi yang diajarkan, dan metode pendidikan yang digunakan oleh guru. Adapun kurikulum dalam sistem pendidikan Islam masa klasik secara garis besar belum terjadi pembakuan dari pemerintah yang berkuasa, sehingga terjadi perbedaan kurikulum antar lembaga pendidikan. Sedangkan kurikulum pada sistem pendidikan pondok pesantren khalafi memiliki pembakuan yakni kurikulum terpadu untuk pedidikan formal maupun informal.
Abstract
The purpose of this study is to analyze in more depth the relevance of the classical Islamic education system with the Khalafi Islamic boarding school education system. This study uses a qualitative research method with a comparative approach. The data used in this study are primary and secondary. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. The analysis flow refers to the theory of Miles & Huberman, with data triangulation as a test of its validity. The results of the study state that the Islamic education system is relevant in the classical period and the Khalafi Islamic boarding school education system. Starting from educational objectives, the material taught, and the educational methods teachers use. The curriculum in the classical Islamic education system in general has not been standardized by the ruling government, so there are differences in curriculum between educational institutions. The curriculum in the Khalafi Islamic boarding school education system has standardization, namely an integrated curriculum for formal and informal education.
Downloads
Referensi
Affandi, M. A. (2020). Kuttab dan Institusi Pendidikan Islam Pra-Lahirnya Sistem Madrasah. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 40–60.
Ahmad, J. (2024). Pedagogi Islam Klasik: Telaah Ide Pendidikan dari Pemikir Muslim Abad Pertengahan (Cetakan I). PT. Pustaka Dzerwa Indonesia.
Aminudin, M. (2023). Manajemen Pondok Pesantren (Cetakan I). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arifin, Y. (2018). Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam (Cetakan I). IRCiSoD.
Asari, H. (2018). Sejarah Pendidikan Islam: Membangun Relevansi Masa Lalu dengan Masa Kini dan Masa Depan (Cetakan I). Perdana Publishing.
Bakar, A. S. A. (2020). Sistem Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Kreatif, 1(1), 52–61.
Bustaman, M. (2020). Eksistensi Madrasah Nizhamiyah dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al-Fikrah, 9(2), 182–192.
Fajar, R. (2023). Pengaruh Membaca Novel Negeri Lima Menara Karya Ahmad Fuadi Terhadap Motivasi Belajar Santri Mas Pondok Pesantren Islam Ibadurrahman Stabat Langkat. JUDIKA : Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 1–6.
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).
Husna, F., Lubis, F., Wardani, S., & Fatia, S. Al. (2023). Periode Perkembangan Peradaban Islam dan Ciri-cirinya. Jurnal on Education, 5(2), 2899–2907.
Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika, 9(2). https://jurnaldidaktika.org/179
Lubis, R. (2022). Kurikulum dan Metode Pendidikan Islam Klasik. JMI: Jurnal Millia Islamia, 1(1), 28–35.
Mahmudah, A. (2021). Institusi-institusi Pendidikan dan Transmisi Ilmu: Masjid, Madrasah, dan Lembaga Pendidikan. Jurnal Rihlah, 9(2), 64–78.
Muhammedi. (2016). Pendidikan Islam Klasik: Telaah Sosio-Historis Kurikulum Pendidikan Islam Periode 650-1250 M. Jurnal As-Salam, 1(2), 1–13.
Ngafif, A. (2023). Perencanaan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren dalam Upaya Pembentukan Karakter Santri (Cetakan I). PT Arr Rad Pratama.
OK, A. H., Nahar, S., & Feri, E. C. (2022). Pemikiran Pendidikan Islam Prof. Dja’far Siddik. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).
Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21–26.
Rahman, D., & Akbar, A. R. (2021). Problematika yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 1(1), 76–89.
Rusmiati, E. T., Alfudholli, M. A. H., Shodiqin, A., & Taufiqurokhman. (2022). Penguatan Moderasi Beragama di Pesantren untuk Mencegah Tumbuhnya Radikalisme. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 203–213. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.2162
Sajadi, D. (2021). Sistem Pendidikan Islam di Indonesia. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 47–67.
Shafrianto, A., Aman, M., & Arifai, A. (2022). Upaya Nizham Al-Mulk dalam Merealisasikan Madrasah Nizhamiyah. Raudhah: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 79–85.
Sihaloho, W. (2023). Warisan Ilmiah Muslim & Renaisans Eropa. Jurnal Ushuluddin, 22(1), 1–20.
Sitika, A. J., Amanah, D. N., Ghifari, I. A. Al, Ilham, M. A., & Am, S. S. (2024). Kurikulum Pendidikan Islam Klasik. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaan (JIPP), 6(3), 119–138.
Solihin, M. (2013). Kurikulum Pendidikan Islam Klasik. Jurnal Nizham, 2(2), 41–49.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suwanto, Sitohang, J., Lubis, A. S., Sumanti, S. T., & Budianti, Y. (2024). Evolusi Institusi Pendidikan Islam Klasik: Masjid, Kuttab, dan Madrasah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 1121–1130.
Tala, Z. Z., Sari, M. I., & Zainumi, C. M. (2017). IbM Pemberdayaan Guru dan Santri Pondok Pesantren dalam Penanganan Awal Penderita Luka. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 115–119.
Ulfa, R. (2022). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 2853, 39–54.
Waston, & Wiranto, E. B. (2023). Metolodogi Studi Islam Ragam Pendekatan dan Dasar-dasar Penelitian. Muhammadiyah University Press.
Yafiz, M., Harahap, I., Tarigan, A. A., Marliyah, Ridwan, M., Batubara, C., Nawawi, Z. M., & Daulay, A. N. (2015). Pemetaan Potensi Ekonomi Syariah Berbasis Pesantren di Sumatera Utara. UIN Sumatera Utara.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.