Pengaruh Sertifikasi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Mengajar dan Kepuasan Kerja di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kecamatan Talang Kelapa

  • Suparjo Suparjo UIN Raden Fatah Palembang
  • Alimron Alimron UIN Raden Fatah Palembang
  • Afriantoni Afriantoni UIN Raden Fatah Palembang
Kata kunci: Job Satisfaction, Teacher Certification, Teacher Work Motivation

Abstrak

This research is intended to analyze (1) the effect of Elementary School teachers’ certification program to their teaching performance, (2) the effect of Public and Private Elementary Schools’ motivation to their teaching performance, and (3) The influence of teacher certification and teacher work motivation on teacher performance.

This research used quantitative methods and questionnaires as research instruments. Data was collected from fifty one teachers from fourty-seven different Elementary School in in Talang Kelapa District, Banyuasin Regency. The collected data is then analyzed using simple linear regression analysis methods and multiple linear regression analysis with quantitative approaches.

The result of the research showed that: (1) the teachers’ certification program variable positively and partially affected the teachers’ performance variable. It was proved by scoring 32,6% as teachers’ certification program regression coefficient, (2) the teachers’ teaching motivation variable also positively and partially affected the teachers’ performance variable by scoring 46,2% as the teachers’ motivation regression coefficient and (3) teachers’ certification program variable together with teachers’ motivation variable positively affected the teachers’ performance variable by giving score of 53,7%.

To sum up, the results proved that teachers’ sertification program and teachers’ motivation have given positive effect both individually and together to the teachers’ performance variable. Furthermore, this research also suggested that most of the teachers are hoped that the teachers’ sertification program can continue to run well, can be given regularly and come on time. The settled program can create healthy environment that will strengthen teachers’ motivation in providing their best teaching performance.

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) pengaruh sertifikasi guru terhadap Kepuasan Kerja di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta, (2) pengaruh motivasi kerja guru terhadap Kepuasan Kerja dan (3) pengaruh sertifikasi guru dan motivasi kerja guru terhadap Kepuasan Kerja.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitiannya. Data dikumpulkan dari lima puluh satu guru dari empat puluh tujuh sekolah dasar yang berbeda di Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan pendekatan   kuantitatif.

Hasil analisis menunjukkan bahwa; (1) variabel Sertifikasi Guru (X1) berpengaruh positif secara parsial terhadap Kepuasan Kerja. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi X1 sebesar 32,6%, (2) variabel Motivasi Kerja Guru (X2) berpengaruh positif secara parsial terhadap Kepuasan Kerja. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi X2 sebesar 46,2%, dan (3) variabel Sertifikasi Guru bersama-sama dengan Motivasi Kerja Guru berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 53,7%.

Sebagai kesimpulan, hasilnya membuktikan bahwa program sertifikasi guru dan motivasi guru telah memberikan efek positif baik secara individu maupun bersama-sama terhadap variabel Kepuasan Kerja. Selanjutnya, penelitian ini juga menyarankan bahwa sebagian besar guru berharap program sertifikasi guru dapat terus berjalan dengan baik, dapat diberikan secara teratur dan tepat waktu. Program yang ditetapkan dapat menciptakan lingkungan yang sehat yang akan memperkuat motivasi guru dalam memberikan kinerja mengajar terbaik mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Khairul. dkk. 2015. Pengaruh Sertifikasi Kepuasan Kerja terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 3, No. 2.
Badeni. 2017. Kepemimpinan & Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta; Kencana Pranada Media Group 2005)
E, Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Eliyanto. 2018. “Pengaruh Motivasi Kerjadan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen”. Jurnal Pendidikan Madrasah. 3, no.1 : 173.
Farida, Ulfah. 2009. “Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kepuasan Kerja Ekonomi Akuntansi SMA dan SMK se Kabupaten Jepara.

Firmawati. 2017. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja”. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 5, no. 3 :167.
Fuad, Nurhattati. 2017. Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kepuasan Kerja PAI di SMP dan MTS, Jurnal Manajemen Pendidikan.
Hanafiah & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung:Refika Aditama.
Hardianto. 2018. Optimalisasi Kepuasan Kerja Guru, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 5, No. 2, hal.1.
Haryani, Sukma., dkk. 2015. Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja (Studi pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK Malang, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 25, No. 1.
Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Husna, Asmaul. 2017. Metodologi Penelitian dan Statistik. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Edisi Tahun 2017
Istiarini & Sukanti. 2012. Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.
Kanto, Kulasse. 2015 Pengaruh sertifikasi terhadap motivasi kerja, Kepuasan Kerja & Kepuasan Kerja BK SMA Negeri di Sulawesi Selatan Journal of EST, Volume 1, Nomor2,.September 2015.
Koswara, Rasto. 2016, Kompetensi dan Kepuasan Kerja berdasarakan sertifikasi profesi, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1 No. 1
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Madjid, Abd.. Pengembangan Kepuasan Kerja Melalui Kompetensi, Komitmen, dan Motivasi Kerja. (Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru), 2016
Manizar, Elly. 2015. Peran Guru sebagai Motivator Dalam Belajar, Tadrib, Vol. 2 No. 2.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Martoyo, Susilo. Manajemen Sumber Daya Manusia Yogyakarta: Bpfe Yogyakarta, 1996.
Mathis, Robert L. Dan Jackson, John H. Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Penerjemah: Diana Angelica. Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Melati, K. Fatiah, 2013. Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja SMAN 5 Surakarta, Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS, Vol. 2, No. 1.
Misbahudin, I. H. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muslich, Mansur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: Bumi Aksara
Pratiwi Indah Sari, “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja SMK Negeri 10 Muaro Jambi”, Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan 1, Nomor.1 (2018)
Putri, Erina, 2014, “Motivasi Kerja Guru Dalam Pelaksanaan Tugas Mengajar di SMK Negeri Kota Bukittinggi”, dalam Jurnal Bahana manajemen Pendidikan, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 2 No. 1, Juni, Padang: Universitas Negeri Padang.
Rivai, Viethzal dan Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Saefullah. Manajemen pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2014.
Saondi, Ondi & Aris Suherman, Etika Profesi Keguruan, (Bandung: Rafika Aditama, 2010)
Sesriyani, Lodya, Saiful Anwar dan Harlinda. Guru Sebagai Sebuah Profesi (Cintai Profesinya, Senangi Pengalamannya)
Simarmara, Risda Herawati, “Upaya Peningkatan Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2014.
Siswanto, 2008. Program Sertifikasi Guru (Antara Tuntutan Kesejahteraan dan Kualitas), Tadris, Vol. 3, No. 2, Sparks, Karin. 2004.
Sudarnoto, Laura F.N. 2016. Faktor-Faktor Determinan pada Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar, Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 23, No. 2.
Sudjana, Metode Statistika, (Bandung: Tarsito, 2005)
Sudjanto, B. 2009. Cara Efektif Menuju Sertifikasi Guru. Jakarta: RAS.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sunarso dan Sumadi, 2007. Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja Sekolah. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 2, No. 1.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: PT Bumi Aksara, 2004.
Syaodih, Nana Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung; PT Remaja Rosdakarya 2015), hlm 23
Sunhaji. “Kualitas Sumber Daya Manusia (Kualifikasi, Kompetensi danSertifikasi Guru)”. Jurnal Kependidikan. 2, no. 1 (2014)
Sulaeman, 2018, Pengaruh Motivasi dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja SMP di Kecamatan Kelara Kabupaten Jenepoto, dalam AkMen Jurnal Ilmiah, Vol 15 No. 1, Maret. Jeneponto: STAI Yapnas Jeneponto.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Wahyudi, Imam. 2012 Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Wibowo. 2017. Perilaku Dalam Organisasi. Depok: Rajawali Pers.
Widyoko, P.E.S. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Wuryanti, 2014. Dampak Tunjangan Profesi (Sertifikasi Guru) Dalam Optimalisasi Kinerja Kepala Sekolah Dasar Kecamatan Samarinda Ulu, Jurnal Paradiqma, Vol. 3 No. 2.
Zainal, Aqib. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan.
Zubair, Ahmad. 2017. Manajemen Peningkatan Kepuasan Kerja, Manajer Pendidikan, Vol. 11, No. 4.
Zulkifli, Moh. dkk. 2014. Motivasi, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kepuasan Kerja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 3, No. 2
Diterbitkan
2025-03-01
Bentuk Sitasi
Suparjo, Suparjo, Alimron Alimron, and Afriantoni Afriantoni. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 1, 2025): 75-92. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2747.
Section
Articles