Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Aktivitas Menggambar Bebas pada Anak Kelompok B di PAUD Qolbul Qur’an Ranggagata Kabupaten Lombok Tengah TA. 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2960Keywords:
Creativity, Free Drawing, Early ChildhoodAbstract
This study aims to determine the increase of children's creativity through free drawing activities in group B children in early childhood Qolbul Qur'an Rangnggagata Central Lombok Regency. The method used is a descriptive qualitative approach, with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation, the results of the study show that: 1) the teacher's free drawing planning is based on the potential of the child to be improved, and the child's readiness. 2) In the implementation of free drawing, most of the children have drawn according to the theme determined by the teacher, the children are very enthusiastic, active and focused in drawing. 3) Free drawing activities have been proven to increase children's creativity, characterized by the courage to express ideas and no longer imitate the work of their friends
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kreativitas anak melalui aktivitas menggambar bebas pada anak kelompok B di paud Qolbul Qur’an Ranggagata Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dekskriptif, dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) perencanaan menggambar bebas guru didasarkan pada potensi anak yang akan ditingkatkan, dan kesiapan anak. 2) dalam pelaksanaan menggambar bebas, sebagian besar anak telah menggambar sesuai dengan tema yang ditentukan oleh guru, anak-anak sangat antusias, aktif dan fokus dalam menggambar. 3) aktivitas menggambar bebas terbukti bias meningkatkan kreativitas anak, ditandai dengan keberanian mengungkapkan ide dan tidak lagi meniru karya temannya
Downloads
References
Astrini, R.S (2021). Pengembangan Modifikasi Prilaku Reward Untuk Meningkatkan Motivasi belajar anak Usia dini. Jurnal: Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol 5(2). 106
Cristiano, R. (2016). ”Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok B2 Melalui Menggambar Bebas di Tk Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwete Kabupaten jember Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi Sarjana: Fakultas Keguruan dan Ilmu. 22
Dewi, N. W. R. (2021). Optimalisasi Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Seni. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 381-391.
Hayati, M., & Purnama, S., (2019). Perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini, I ed . Depok: PT Raja Grafindo Persada. 51
Herawati, D. (2015). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Di Kelompok B TK PGRI Taripa. Bungamputi, 3(2), 124-136.
Kusdani (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui aktivitas Menggambar Bebas Di Tk Ansor.Jurnal Al-Abiyad,3(2).
Mahfud, C., Prasetyawati, N., Suarmini, N. W., Agustin, D. S. Y., Hendrajati, E., Supriyanto, D., Al, S., & Mojokerto, H. (2020). RELATIONSHIP OF CITIZENSHIP EDUCATION, PANCASILA AND RELIGIOUS CHARACTER. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2).
Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 113-141.
Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519-535.
Muslim, A., & Rasyidi, A. H. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Sejarah dan Pemikiran). PENERBIT.
Nisa, K. (2019). Mengembangkan Keativitas Anak Melalui kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan 1 Tanjung Sari Nastar Lampung Selatan. Skripsi Sarjana: Tarbiyah dan Keguruan. 18
Putri, R. W. (2018). Pentingnya menanamkan Nilai-nilai Akhlak pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Ikhlas Madiun Rengas Lampung Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Rohani (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal Rudah. Vol5(2),10
Saparuddin, A. M. L. M. I., Muhlis-Muhammad, F. H. Z. M., Muhammad, J. E. M. S. G., & Kariadi, S. H. (2022). Psikosufistik Pendidikan Islam (Antologi Pemikiran Pendidikan Islam). PENERBIT.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat pencapaian pada aspek perkembangan anak usia dini 5-6 tahun berdasarkan strandar nasional pendidikan anak usia dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52-65.
Supriyanto, D. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Terhadap Capaian Akademis Siswa Kelas IV di MI Salafiyah Syafi’iyah II Klinterejo Sooko Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(Vol. 2 No. 2). https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.346
Susetiyo, A., Arifin, B., Supriyanto, D., Al, S., & Mojokerto, H. (n.d.-a). DINAMIKA PELUANG DAN TANTANGAN KURIKUKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH DASAR.
Suyatmi. (2014). ”Meningkatkan Kreativitas Ankak Usia Dini Melalui Aktivitas Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok A di Tkk Aba Ngaben 2” Sripsi Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Yogyakarta
Tirtayati, N. P. E., Suarni, N. K., & Magta, M. (2014). Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Umam, A.K,. Rizqiayani, R,. Aneka., & Cahyo,D.E., (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Kajian Teoritis dan Studi Empiris. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.
Veryawan, V., Juliati, J., & Aprilia, R. (2020). Kegiatan Menggambar Bebas Menggunakan Crayon dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 129-138.
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku, 87.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Fitriani, Surya Bayu Ansori, Parhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







