Strategi Kepala Madrasah dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Khair Ambung Masbagik
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2963Keywords:
Strategi, Kedisiplinan, Faktor Pendukung dan penghambatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-khair Ambung Masbagik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat aspek utama dalam strategi yang diterapkan : perencanaan, pendekatan, dan pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam implementasi strategi terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung berupa peran aktif guru, kepedulian orangtua, dan sarana prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya berupa kesadaran siswa yang rendah, pengaruh pertemanan, dan pengaruh gadget.
Downloads
References
Ainul, Muhammad., Y. S. 2023.“Manajemen strategi Kepala Madrasah Budaya Religius Untuk Membentuk Karakter Siswa”, Jurnal Education, (1)4.
Anwar. M. R. 2024. “Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan Dalam Penelitian Kualitatif” Dalam Artikel STAIDA SUMSEL, Desember.
Dalmeri, 2014. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter” Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character, Al Ulum, (14)1, Juni, 72.
Eko. F. P. 2020. “Pengaruh Sikap Kedisiplinan dan Penggunaan Smarphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumberpucung Pada Mata Pelajaran IPS Tahun 2019/2020” Skripsi.
Fahruddin Faiz, F. 2024. “Filsafat Moral: Etika Masa Depan”, (Jakarta : Mizan Pustaka), 196.
Hamzah.. F. 2020. “Hubungan Antara Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar”, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, (8)3.
Hilmu Mubarok P. H., dkk. 2020. “Prilaku Kedisiplinan Siswa dilhat Dari Etika Belajar di Dalam Kelas”, Jurnal Prakarsa Paedagogia, (3)1, 100.
Ismatul Anwaroti. I., H. S. 2020. “Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa”, Jurnal of Social Science And Education, (1) 2.
Ibrahim. R., dkk. 2023. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah pekanbaru”, Journal of Education Reseach, (4)3.
Istiqomah, N. 2016. “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Kedisiplinan Siswa di SMP Muhammadiyah 05 Wonosegoro Kabupaten Boyolali”, Skripsi, 59.
Karimah, R., P. B. 2023. “Pembentukan Kedisiplinan Peserta Didik MTs Miftahul Ulum Leces Probolinggo”, Edudeena: Journal Of Islamic Religious Education, (7)1, 36.
Muhammad. F. R. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif”, Kajian Ilmiah, (2)1.
Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519-535.
Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di MA Palapa Nusantara NW Selebung). CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 113-141.
Nisa, K. (2019). Mengembangkan Keativitas Anak Melalui kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan 1 Tanjung Sari Nastar Lampung Selatan. Skripsi Sarjana: Tarbiyah dan Keguruan. 18
Muslim, A., & Rasyidi, A. H. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Sejarah dan Pemikiran). PENERBIT.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.
Nur L. I. 2025. “Analisis Korelasi Antara Manajemen Sarana Prasarana Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap hasil Belajar PJOK siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Boyolali” Skripsi.
Supiana, S. R. 2017. “Pembentukan Nilai-Nilai Karakter islami Siswa Melalui Pembiasaan”, Jurnal Educan, (1)1, 2017.
Susanto, D., dkk. 2023. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah”, Jurnal Pendidikan, sosial dan Humaniora, (1)1, Mei.
Zulfirman, R. 2022. “Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan”, Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, (3) 2, 150.
Supriyanto, D., Al, S., & Mojokerto, H. (2020). KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK USIA DINI (Ditinjau dalam Perspektif Pendidikan Islam). In Jurnal Al Fikrah (Vol. 2, Issue 2).
Supriyanto, D., Al, S., Mojokerto, H., Efendi, A., Kunci, K., Karakter, R., Islam, A., & Pai, (. (2021a). REAKTUALISASI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN ISLAM. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2).
Supriyanto, D., Muhammad, ;, Effendi, Y., Anik, ;, Rohmah, I., Salamah, D., Kholidah, D., Yuyik, H., Ningsih, A., Mafida, L., Husna, M., Khafidz, ; M, Baidowi, A., Iis, Y., Rahayu, S., Stitnu, A., & Hikmah, M. (n.d.). PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT MELALUI TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH REDUCE, REUSE, RECYCLE (TPS3R) DI DESA PURWOJATI. KECAMATAN NGORO, KABUPATEN MOJOKERTO Penulis: Sejarah Artikel.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sohibulloh, Surya Bayu Ansori, Ahyar Rasyidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







