Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Kelompok A1 di TK Zainul Hasan
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2968Keywords:
Application, singing method, vowelsAbstract
The purpose of this study is to determine how the singing method can improve children's vocabulary mastery. The type of research to be conducted is classroom action research (CAR). According to Rochiati Wiriaatmadja, classroom action research is research conducted by testing an idea for improvement in learning practices and observing the real impact of these efforts. Suharsimi Arikunto et al. argue that the actions taken in this study were given by the teacher or under teacher direction and carried out by the students. A total of 15 children participated, consisting of 8 boys and 7 girls.
The results showed an increase in vocabulary mastery in early childhood children in Group A1 of Zainul Hasan Kindergarten. Before receiving vocabulary mastery action, the children only achieved 32.62%. However, after being given Classroom Action Research practice using the singing method, the increase reached 47.83% in Cycle I. Because the success indicator had not been achieved, a repeat study was conducted, resulting in an increase in the learning achievement reaching 82.61% in Cycle II, which meets the target success indicator. The results of the data analysis indicate that using the singing method makes learning more enjoyable, innovative, and creative. Based on the results of this study, it is stated that learning using the singing method can successfully increase vocabulary mastery in early childhood.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk :Untuk mengetahui cara menerapkan metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata anak. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Menurut Rochiati Wiriaatmadja, penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan dengan mencobakan suatu gagasan perbaikan dalam praktek pembelajaran dan melihat pengaruh nyata dari upaya itu. Suharsimi Arikunto, dkk berpendapat, tindakan yang dilakukan pada penelitian ini diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Berjumlah 15 orang anak dengan rincian 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan penguasaan kosakata pada anak usia dini di Kelompok A1 Tk Zainul Hasan belum diberi tindakan penguasaan kosakata, anak yang hanya mencapai 32.62% namun setelah diberi praktek Penelitian Tindakan Kelas dengan metode bernyanyi, pada siklus I mencapai 47.83%. Karena belum mencapai Indikator keberhasilan maka dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 82.61% dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target indicator keberhasilan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan metode bernyanyi pembelajaran akan lebih menyenangkan, inovatif dan kreatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dapat berhasi lmeningkatkan penguasaan kosakata anak usia dini.
Downloads
References
Abdul Rahman Saleh, Dasar-Dasar Manajemen Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.
Ahmad Salehudin. (2008). Permainan Ingkling. Diakses dari http://melayuonline.com/ind/culture/dig/2260/permainan-ingkling pada tanggal 29 Desember 2014 jam 10.15 WIB.
Allen, K. Eileen & Lynn R. Martoz. (2010). Profil Perkembangan Anak: Prakelahiran hingga usia 12 tahun. (Alih Bahasa: Valentino). Jakarta: Indeks.
Andang Ismail. (2006). Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Bety, Janie J. (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. (Alih Bahasa: Arif Rakhman). Jakarta: Kencana.
Conny Semiawan. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Perguruan Tinggi.
Depdikbud. (1998). Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Direktorat Permuseuman.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Dian Apriani. (2012). Penerapan Permainan Tradisional Dengklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA AL HIDAYAH 2 Tarik Sidoarjo. Diakses dari : http://www.scribd.com/doc/121091926/ pada tanggal 9 November 2024 jam 20:52
Diana Mutiah. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kecana.
Ernawulan Syaodih. (2005). Bimbingan Taman Kanak-Kanak. Jakarta:
Fatmawati STITNU Al-Hikmah Mojokerto, N. (n.d.). Pengaruh metode bercerita (tentang kisah-kisah nabi dan rosul) terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 th di ra. Perwanida.
Gallahue, David L. & John C. Ozmun. (2006). Understanding Motor Development: Invan , Children, Adolescent, Adults. New York: McGraw- Hill.
Heri Rahyubi. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zakarsih). Jakarta: Erlangga.
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zakarsih). Jakarta: Erlangga.
Jasa Ungguh Muliawan. (2009). Managemen Play Group & Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Diva Press.
Kamtini & Husni Wardi Tanjung. (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Kemdiknas. (2010). Kurikulum Taman Kanak-Kanak Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menajemen Pendidikan dsr. Menengah Direktorat Pembinaan TK.
M. Fadillah, Lilif M.K.F, Wantini, Eliyyil A, & Syifa F. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Mahfud, C., Prasetyawati, N., Suarmini, N. W., Agustin, D. S. Y., Hendrajati, E., Supriyanto, D., Al, S., & Mojokerto, H. (2020). Relationship of citizenship education, pancasila and religious character. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2).
Muawanah, F., Supriyanto, D., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Al, S., & Mojokerto, H. (n.d.). Pemanfaatan benda manipulatif dengan model pembelajaran kooperatif tipe (student achievement division teams) stad terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di mi salafiyah syafi’iyah i.
Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 113-141.Nisa, K. (2019). Mengembangkan Keativitas Anak Melalui kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan 1 Tanjung Sari Nastar Lampung Selatan. Skripsi Sarjana: Tarbiyah dan Keguruan. 18
Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519-535.
Muslim, A., & Rasyidi, A. H. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Sejarah dan Pemikiran). PENERBIT.Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hulaimi, Baiq Desy Arfini, Ririn Aryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







