Peran Guru dalam Mewujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi di MAS Nurul Ilmi Ranggagata
Abstrak
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil mereka. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengimplementasikan strategi tersebut, akan tetapi masih menemukan berbagai tantangan dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran guru dalam mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi serta kendala yang dihadapi di MA Nurul Ilmi Ranggagata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai fasilitator, perancang strategi, dan evaluator dalam pembelajaran berdiferensiasi. Sebagai fasilitator, guru menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan memberikan dukungan kepada siswa sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai perancang strategi, guru menyusun pembelajaran yang mempertimbangkan diferensiasi konten, proses, dan produk agar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sebagai evaluator, guru menerapkan asesmen formatif dan sumatif untuk menilai efektivitas pembelajaran dan perkembangan siswa.Tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan pembelajaran diferensiasi yaitu keterbatasan pemahaman guru, dan minimnya sumber daya. Oleh karena itu, dalam mewujudkan pembelajaran berdiferensiasiyang optimal diperlukan dukungan dalam bentuk pelatihan guru serta pengadaan sumber daya yang memadai sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di MA Nurul Ilmi Ranggagata.
Abstract
Differentiated learning is an approach that allows students to learn according to their readiness, interests and profile. Teachers have a very important role in implementing this strategy, but still find various challenges in its implementation. This research aims to analyze the role of teachers in realizing differentiated learning and the obstacles faced at MA Nurul Ilmi Ranggagata. This research uses a qualitative approach with descriptive methods, data collection uses observation, interviews and documentation methods. The research results show that teachers act as facilitators, strategy designers and evaluators in differentiated learning. As a facilitator, teachers create an inclusive learning environment and provide support to students according to their needs. As a strategy designer, teachers organize learning that considers differentiation of content, processes and products to suit the characteristics of students. As evaluators, teachers apply formative and summative assessments to assess the effectiveness of student learning and development. The challenges faced in realizing differentiated learning are limited teacher understanding and a lack of resources. Therefore, in realizing optimal differentiated learning, support is needed in the form of teacher training and the provision of adequate resources so that it can have a positive impact on the quality of education at MA Nurul Ilmi Ranggagata.
Downloads
Referensi
Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351
Andini, D. W. (2022). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340–349. https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725
Dian Aprelia Rukmi, Firotun Nisa, A., Yustina, A., Vitriani, D., & Nurhayati, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menumbuhkan Percaya Diri Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 798–810. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1824
Dr. D. Sumathi Desinguraj, & Mrs. J. Shyla Gnanam Ebenezer. (2021). Differentiated Instruction in Education. Research Ambition: An International Multidisciplinary e-Journal, 5(IV), 11–14. https://doi.org/10.53724/ambition/v5n4.04
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Handayani, K., & Mauludea, H. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 28 Kota Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), 311–323. https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.6652
Jannah, A. M., & Aini, L. (2023). Kajian Literatur Mengenai Permasalahan Pendidikan Dasar “Kurangnya Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Dasar". School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 48. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v13i1.45521
Kriswanto, M., & Fauzi, N. B. (2023). Inovasi Diferensiasi Produk dengan Metode Alih Wahana pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.535
Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z. (2023). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Masaliq, 3(5), 810–823. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8
Maula, N. R., Nugroho, A. A., & Prastyo, K. D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS Kelas IV di SD. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 272–278. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.502
Muslim, A. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). Cendekia, 1(2), 268476.
Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519-535.
Onyishi, C. N., & Sefotho, M. M. (2020). Teachers’ perspectives on the use of differentiated instruction in inclusive classrooms: Implication for teacher education. International Journal of Higher Education, 9(6), 136–150. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p136
Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(01), 89–96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692
Prianto, M. H., & Ummah, F. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Down Syndrome SD Muhammadiyah 1 Menganti. … Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan …, 2(2), 69–75. http://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/el-miaz/article/view/67%0Ahttp://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/el-miaz/article/download/67/41
Trifatmasari, M., Tri Oktoviana, L., & Dewi Puspitasari, E. (2023). Analysis of Student Learning Styles in Differentiation Learning. KnE Social Sciences, 202, 46–57. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13431
Setiawan, A. A., Sudi, M., Matradewi, N. K. W., Muslim, A., Saefudin, A., & Saddhono, K. (2024). Ideological Contestation in Social Media: a Content Analysis of the Promotion of Islamic Education Institutions. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 85-97.
Muslim, Asbullah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 3 (September 24, 2022): 519-535. Accessed February 26, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1306.
Muslim, A. (2013). Urgensi estetika dan budaya Islam dalam pendidikan agama Islam. Palapa, 1(1), 148-157.
Muslim, Asbullah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 4, no. 1 (March 3, 2017): 83-95. Accessed February 26, 2025. https://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/105.
Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). Cendekia, 1(2), 268476.
Supriyanto, D. (2015). Faktor Dasar Dan Ajar Dalam Hubungannya Dengan Peran Ibu Terhadap Pendidikan Anak. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 3(2), 48-56.
Supriyanto, D. (2020). KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK USIA DINI (Ditinjau dalam Perspektif Pendidikan Islam). JURNAL STUDI ISLAM" AL-FIKRAH", 2(2).
Susetiyo, Ari, Bustanul Arifin, and Didik Supriyanto. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 28, 2023): 715-722. Accessed February 26, 2025. https://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2124.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.