Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Santri (Studi Kasus di Yayasan Pondok Pesantren Modern Al Muwahidin Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat Tahun 2024)

  • Musta'in Musta'in IAI Nurul Hakim, Kediri, Lombok Barat
Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Rekrutmen, Pondok Pesantren

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi, terutama di Pondok Pesantren Modern Al Muwahidin, yang memiliki SDM memadai dan membutuhkan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan serta meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta menganalisis proses rekrutmen di Pondok Pesantren Modern Al Muwahidin tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berlangsung selama empat bulan, dari Juli hingga Oktober 2024, dengan teknik purposive sampling untuk menentukan informan penelitian. Informan terdiri dari Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Modern Al Muwahidin, Ketua Pengurus Pondok Pesantren, serta Ketua Pembina Putra dan Putri. Wawancara dilakukan dengan metode semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Pondok Pesantren Modern Al Muwahidin mencakup: (1) Perencanaan, yang meliputi penarikan SDM serta perencanaan program seperti pelatihan, kajian bagi pembina, pemberian motivasi, dan evaluasi; (2) Pelaksanaan, yang mencakup pelaksanaan pelatihan, pemberian motivasi, dan evaluasi. Adapun proses rekrutmen dilakukan melalui dua sumber, yaitu: (a) Sumber internal, berupa kaderisasi dari santri dan alumni; serta (b) Sumber eksternal, yaitu perekrutan dari luar lembaga, khususnya kaderisasi maha santri Ma’had Aly Nurul Hakim Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Adhim, Fauzan, Manajemen Pondok Pesantren, Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2020, Cet. ke-2.
Aisyah, Nyi Ayu Siti, “ Manajemen Pengelolaan SDM Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Santri”, Skrispi, UIN Mataram, Mataram 2022.
Amirullah, Pengantar Manajemen, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015.
Arrahmaniah, Henny & Amas Sari dkk, “Pengaruh Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen”, Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Vol 02, 2019, hlm. 63.
Dauliyah, Haidar Putra, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2015.
Febriana, Rina, Evaluasi Pembelajaran, Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, 2019.
Ichsan, Reza Nurul & Lukma Nasution dkk, Bahan Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia, Medan: CV Santosa Deli Mandiri, 2021.
Karim, Maftukhanul, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Santri”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang 2018.
Kompri, Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Jakarta: Prenamedia sGroup, 2018, cet. ke-1.
Kurniasih, Debora Danisa, “ Pengertian Intrumen Penelitian, Jenis, dan Contohnya”, dalam https://www.detik.com, diambil tanggal 03 April 2024, pukul 08.35.
Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). Cendekia, 1(2), 268476.
Muslim, A. (2013). Urgensi estetika dan budaya Islam dalam pendidikan agama Islam. Palapa, 1(1), 148-157.
Pananrangi, Andi Rasyid, Manajemen Pendidikan, Makassar: Celebes Media Perkasa, 2017, cet. ke-1.
Rahmah, Elva dkk, Manajemen Perpustakaan Penerapan TQM dan CRM, Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2019, cet. ke-1.
Rahmatullah & Wahyu Hidayat, “Peran Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Sekolah”, AL-ISHLAH, Vol 19, Nomor 2, Desember 2021, hlm.158.
Rodianawati Andi dkk, “Manajemen Pengembangan Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren Modern Al-istiqamah Ngatabaru”, KIIIES 5.0, Vol 1, 2022, hlm. 392.
Salwaridha, Siti Huwaidah, “Prinsip Manajemen SDM LMS-SPADA INDONESIA”, dalam https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/forum/discuss.php?d=2441, diambil tanggal 12 April 2024, pukul 23.09.
Setiawan, A. A., Sudi, M., Matradewi, N. K. W., Muslim, A., Saefudin, A., & Saddhono, K. (2024). Ideological Contestation in Social Media: a Content Analysis of the Promotion of Islamic Education Institutions. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 85-97.
Sugito, Asep, Manejemen Sumber Daya Manusia, Jawa Barat: CV Mega Press Nusantara, 2023.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2021, cet. ke-3.
Sutrisno, Edy, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: KENCANA Prenamedia Group, 2017, cet. ke-9.
Syahril, “Bab III Metodologi Penelitian “, dalam http://repository.uinsu.ac.id, diambil tanggal 03 February, Pukul 09:00.
Diterbitkan
2025-03-26
Bentuk Sitasi
Musta’in, Musta’in. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 26, 2025): 400-418. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2804.
Section
Articles