Optimalisasi Model Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Pemahaman Shalat Siswa pada Pembelajaran PAI di SMPN 2 Kota Bima

Authors

  • Nurmala Sari Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ilham Universitas Muhammadiyah Bima
  • Wahyu Mulyadi Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2872

Keywords:

Model Pembelajaran, Konstruktivisme, Pemahaman Shalat, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman shalat siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Kota Bima, serta mengetahui penggunaan model konstruktivisme terhadap pemahaman shalat pada materi pendidikan agama Islam siswa di SMPN 2Kota Bima. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 2 Kota Bima efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang shalat. Dibanding metode konvensional yang berpusat pada guru dan hafalan, konstruktivisme mendorong pembelajaran student-centered melalui pengalaman langsung, diskusi, dan refleksi. Penerapan prinsip asimilasi dan akomodasi (Piaget) dalam aktivitas seperti proyek "Makna Shalat", simulasi kasus nyata, dan penilaian holistik membuat pembelajaran lebih interaktif dan bermakna. Hasilnya, siswa tidak hanya menguasai tata cara shalat tetapi juga memahami nilai spiritual dan aplikasinya dalam kehidupan. Kendala utama terletak pada kebutuhan persiapan yang lebih matang oleh guru. Namun, pendekatan ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka, mendorong terbentuknya siswa yang kritis, kreatif, dan berkarakter religius.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhibin, Muhibbin, and M. Arif Hidayatullah. 2020. “Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains Qur`An Yogyakata.” Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5(1):113.

Ahmadi, Re Arief, John Adler, and Selvia Lorena Ginting. 2017. “Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Gerakan Shalat.” Prosiding Seminar Nasional Komputer Dan Informatika (SENASKI) 2017.

Al-Azizi, Raisul Fikri. 2024. “Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kritis Di Sekolah Menengah Pertama Dalam Pendidikan Agama Islam Dengan Penerapan Model Konstruktivisme.” Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam Vol. 10 No. doi: https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1216.

Alirahman, Agus Dian. 2021. “Volume 2 Nomor 1 (2021) Pages 1 – 10 Permata Jurnal Pendidikan Agama Islam Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam Pada Pendid.” 7.

Aliyah, A., Dea Ananda, Surya Lasmita, and Fanisa Dwi Septiani. 2024. “Edukasi Bacaan Dan Gerakan Sholat Dalam Meningkatkan Pemahaman Ibadah Anak.” JPMD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Vol. 5(2):183–92.

Daud, Ahmad. 2020. “Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial.” Jurnal: Al-Mutharahah Vol. 17 No(1):29–42.

Hajroh, Aini Yatul, Moh Sugeng Solehuddin, and Muhammad Hufron. 2023. “Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Konsep Teori Belajar Konstruktivisme Dan Pendidikan Agama Islam Dalam Merdeka Belajar.” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No.:87–91.

Khotimah, A. H., D. Kuswandi, and Sulthoni. 2019. “IEEE Paper Template in A4 (V1).” Web 158–65.

Mandasari, Desy. 2020. “Engembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 13 No:37–55.

Mariama. 2025.“Wawancara. Guru Pendidikan Agama Islam SMPN 2 Kota Bima.”

Masgumelar, Ndaru Kukuh, and Pinton Setya Mustafa. 2021. “Teori Belajar Konstruktivisme: Implementasi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.” Ghaitsa: Islamic Education 2(1):49–57.

Mujiburrahman. 2016. “Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak Dalam Islam.” Jurnal Mudarrisuna Vol. 6 No.:185–204.

Mulyati, Tita. n.d. “Pendekatan Konstruktivisme Dan Dampaknya Bagi Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SD.”

Nasruddin, Muhammad Arif, Agus Salim, Siti Muawanatul Hasanah, and Alif Achadah. 2022. “Peserta Didik Oleh Guru ( Studi Kasus di SMP NU Sunan Giri Kepanjen Malang ).” JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) Vol. 1 No.(1).

Nurwisah. 2024. “Strategi Peningkatan Minat Belajar Siswa Cimpu Dalam Pelajaran Salat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Modul Praktek Shalat.” Journal of Islamic Education Management Vol. 9 No.(1):68–81.

Puspita, Dhea, M. Alang Khairun Nizar, and Mirza Syadat Rambe. 2024. “Penerapan Kurikulum Merdeka Melaluiteori Konstruktivisme Pada Pembelajaranpendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar.” AT-TARBIYAH: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No.:117–25.

Radial. 2021. “Hubungan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pengamalan Ibadah Shalat Fardhu Di SMP Negeri 5 Binjai.” Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM) Vol. 1 No.(3):121–29.

Rila, Alif. 2021. “Pembelajaran PAI Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di SMPN 2 Tilatang Kamang.” Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat Vol. 4 No.:23–35.

Saidah, Zahrotus. 2021. “Pendidikan Berbasis Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Kebermaknaan Belajar di Era Digital.” Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 7 No.(2):163–75.

Salsabila, Yulia Rakhma, and Muqowim Muqowim. 2024. “Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl).” Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 4(3):813–27. doi: 10.51878/learning.v4i3.3185.

Sulaikho, Siti. 2021. “Validitas Media Pembelajaran Ispring Suite Berbasis Android Pada Pemahaman Shalat Jama’dan Qashar.” Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No.:169–77.

Suparlan. 2019. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Islamika : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No.:79–88.

Syafrin, Yulia, Muhiddinur Kamal, Arifmiboy Arifmiboy, and Arman Husni. 2023. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Educativo: Jurnal Pendidikan 2(1):72–77.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2896–2910.

Yusuf, M., and Witrialail Arfiansyah. 2021. “Konsep ‘ Merdeka Belajar ’ Dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman Vol. 7 No.(1):18–23.

Downloads

Published

27-06-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Optimalisasi Model Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Pemahaman Shalat Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMPN 2 Kota Bima”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 2 (June 27, 2025): 101–116. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2872.