Persepsi Orangtua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kepulauan Seribu

  • Devi Chairunnissa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Khusniyati Masykuroh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Persepsi Orangtua

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur persentase persepsi  atau pandangan orang tua terhadap pendidikan awal anak di Kepulauan Seribu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian dari penelitian ini yaitu orangtua yang memiliki anak dengan rentang usia 0-6 tahun dengan total 151 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner, dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebesar 52,31% orangtua memiliki persepsi dengan kriteria setuju terhadap pendidikan untuk anak usia dini.

Referensi

Asfarina. (2014). Persepsi Orangtua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat (P. S. P. L. S. FIP IKIP Mataram (ed.)).
Cahayanengdian, A., Oktarian, R., & Sofia, A. (2021). Persepsi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 41–52.
Fauziddin, & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169.
Iqba. (2016). Perception Of Parents About Early Childhood Education. Journal of Social Sciences, 2(1), 46–48.
Istiana. (2017). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 20(2), 90–98.
Kemedikbud. (2017). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Khaironi. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.
Novrinda, Kurniah, & Yulidesni. (2017). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-Paud FKIP Unib, 2(1), 39–46.
Pratiwi, D. S., Widiastuti, A. A., & Rahardjo, M. M. (2018a). Persepsi orangtua terhadap pendidikan anak usia dini di Lingkungan RW 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga. Jurnal Satya Widya, 34(1), 39–49.
Pratiwi, Widiastuti, & Rahardjo. (2018b). Persepsi Orangtuan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkungan RW 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga. Jurnal Satya Widya, 34(1), 39-49.
Saputra. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209.
Siswanta. (2017). Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015). Inferensiasi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1), 97–118.
Susilo. (2016). Pedoman penyelenggaraan PAUD. Jakarta: Bee Media Pustaka.
Tamam. (2018). Reorientasi Pendanaan Pendidikan Dalam Membangun Mutu Sekolah. . . Jurnal Misykat Al-Anwar Kajian Islam Dan Masyarakat, 29(2), 35–48.
Walgito. (2004). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.
Zahrawanny, & Fitria, N. (2019). Persepsi Orangtua Tentang Manfaat PAUD Terhadap Dukungan Menyekolahkan Anak di Lembaga PAUD. Jurnal AUDHI, 2(1), 21–29.
Zhou, Jiang, Y., & Zhang. (2022). Effectiveness of Puhui Kindergartens’ Development in China: A Parental Evaluation. Journal of Arly Education and Development, 33(3), 490–507.
Diterbitkan
2023-01-05
Bentuk Sitasi
Chairunnissa, D., & Masykuroh, K. (2023, January 5). Persepsi Orangtua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kepulauan Seribu. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 57-65. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1511
Section
Articles