Pengaruh Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Sumur

  • Eni Sri Mulyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Kata kunci: Komunikasi Guru, Motivasi Belajar

Abstrak

Motivasi belajar adalah kemampuan pendorong pada diri anak yang menimbulkan kegiatan belajar yang efektif. Penggunaan komunikasi guru yang baik sangat berpengaruh terhadap pengoptimalan motivasi belajar anak. Pada kenyataannya masih banyak guru belum menggunakan komunikasi yang optimal. Hal tersebut berimbas terhadap motivasi belajar anak jadi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Sumur Kab. Pandeglang-Banten. Metode yang digunakan yaitu penelitian survey dengan pendekatan Kuantitatif. Analisis data mengunakan uji korelasi pearson product moment. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket kepada 30 guru dari 12 TK dan 1 PAUD yang ada di Kecamatan Sumur Kab. Pandeglang. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana karna data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai probabilitas 0,000 <0,05 sehingga H1 dapat diterima yakni terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan komunikasi guru terhadap motivasi belajar anak 5-6 tahun di kecamatan Sumur.

Referensi

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf
Amirullah. (2015). Populasi Dan Sampel. In Metode Penelitian Manajemen (2015).
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale).
Dr. Hamzah B. Uno, M. P. (2021). teori Motivasi dan Pengukuran: analisis di bidang pendidikan. PT Bumi Aksara.
Dr. Zikri Fachrul Nurhadi, M. S. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. PT Kencana.
Emda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Faisal, V. I. A. (2019). Implementasi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Rumah Citta Yogyakarta. Jurnal Al Qalam, 20(1), 1–20.
Fithri, R. (2016). Psikologi Pendidikan. Buku Perkuliahan Psikologi Pendidikan Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, 1–164. http://digilib.uinsby.ac.id/20086/1/Psikologi belajar.pdf
Hartati, S, . & Norvika G. V. (2018). Using educational videos to promote listening skills to children of 5-6 years old. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1), 27–35. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eceji/Article/View/23987/11097.
herlina v. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS.
Iskandar, D. (2018). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Management Review, 2(3), 261. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804
Kausar, A., & Suyadi, S. (2020). Problematika Motivasi Belajar Dalam Teori Operant Conditioning Pada Pembelajaran Pai Di Sdn Nogopuro Sleman. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.47435/jpdk.v5i2.398
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014.
kriyantono. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi.
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
Nugroho, A. (2017). Pengaruh motivasi dan minat terhadap prestasi siswa pada mata diklat keselamatan dan kesehatan kerja di Smk Negeri 1 Sedayu. Pendidikan.
Nugrohoningsih, D. (2015). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(11), 1–9.
ovan & Saputra. (2020). Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Safaruddin, S. (2020). TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.239
Saodah Wok, Narimah Ismail, & Mod Yusof Hussain. (2006). Teori-Teori Komunikasi. https://books.google.com.my/books?id=1uQsJ_jIEFEC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Subaidi, S. M. (2019). Kebutuhan Manusia dalam Pemikiran Abraham Maslow. Al-Mazahib, 7(1), 17–33. ejournal.uin-suka.ac.id › almazahib › article › download
Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian Dari Sudut Pandang Teori Belajar Dan Teori Didaktik. 1–16.
Waluya. (2007). Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat.
Diterbitkan
2023-01-15
Bentuk Sitasi
Mulyani, E., & Atikah, C. (2023, January 15). Pengaruh Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Sumur. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 150-161. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1541
Section
Articles