Materi PAI Berbasis Technopreneurship di ITS Surabaya

  • Choirul Mahfud Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Zainul Muhibbin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Kata kunci: Materi PAI, Technopreneurship, ITS Surabaya

Abstrak

Materi agama Islam berbasis technopreneurship di ITS Surabaya dihadirkan untuk antisipasi problem di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Penelitian ini ditulis dengan menggunakan data kualitatif bersumber pada referensi buku, berita, jurnal dan opini di media massa serta sumber lain yang relevan. Penelitian ini fokus pada pertanyaan-pertanyaan penting berikut ini: Pertama, apa saja isi materi Agama Islam di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya? Kedua, bagaimana materi Agama Islam Berbasis Technopreneurship di ITS Surabaya? Ketiga, apa relevansi materi Agama Islam berbasis technopreneurship dengan masyarakat dan bangsa? Hasil riset menunjukkan; pertama, isi materi Agama Islam di ITS berkaitan dengan konsep manusia berhubugan dengan Tuhan, manusia berhubungan dengan manusia dan manusia berhubungan dengan alam semesta. Kedua, pengembangan materi Agama Islam berbasis technopreneurship dan karakter madani di ITS dilakukan untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan zaman. Ketiga, relevansi pengembangan materi Agama Islam berbasis technopreneurship dan karakter madani dengan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yaitu terletak pada kebutuhan inovasi, kreativitas dan sinergi.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arikunto, Suharsimi (1986), Prosedur Penelitian, Bina Aksara, Jakarta.
Junus, Mahmud (1998), Terjemah Al-Qur’an Karim, PT. Al Ma’arif, Bandung.
Lemlit ITS (1997), Pedoman Pelaksanaan dan Pengolahan Penelitian, Surabaya.
Lemlit ITS (1997), Pedoman Pelaksanaan Penelitian Kelompok I dan II Swadana, Surabaya
Mahfud, Choirul. (2016). Politik Pendidikan Islam di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahfud, Choirul. (2013). Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahfud, Choirul. (2014). "The Role of Cheng Ho Mosque: The New Silk Road, Indonesia-China Relations in Islamic Cultural Identity." Journal of Indonesian Islam 8.1: 23-38.
Mahfud, Choirul. (2016). “The Global and Local Challenges of Islamic Education in Contemporary Indonesia”. Scientific Journal of PPI-UKM 3 (2), (2016), 50-54
Muhammad Ali, Maulana (1996), Islamologi, Darul Kutubi Islamiyah, Jakarta.
Muslim Nurdin, dkk., (1955). Moral dan Kognisi Islam, Bandung: Alfabeta.
Ningrat, Kuncoro (1985), Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta.
Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2)
Tim Pengajar Agama Islam, (1999), Kuliah al islam di Perguruan Tinggi Umum, MKU-ITS, Surabaya.
Diterbitkan
2017-09-07
Bentuk Sitasi
Mahfud, Choirul, and Zainul Muhibbin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 4, no. 2 (September 7, 2017): 126-138. Accessed August 17, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/124.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)