Meningkatkan Kemampuan Mengeluarkan Pendapat Melalui Model Pembelajaran Brainstorming pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Gorontalo Utara
Abstrak
Dalam penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang meningkatkan kemampuan mengeluarkan pendapat melalui model pembelajaran brainstorming pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Gorontalo Utara. Dalam penelitian ini peneliti menggukan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan dapat berpikir kritis agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien, data yang didapatkan melalui tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. agar data yang didapatkan sesuai dengan data lapangan serta demi untuk memperkuat data yang dapatkan. Adapun hasil penelitian menujukan bahwa kemampuan siswa dalam mengeluarkan pendapat mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I mengalami peningkatan dari siswa yang aktif 4 orang dari 27 siswa dengan hasil persentase 15%, cukup aktif 12 orang 44% dan kurang aktif 11 orang 41%. Sementara pada pertemuan 2 siklus 1 siswa yang aktif 11 orang 41%, cukup aktif 9 orang 33% dan kurang aktif 7 26%. Pada siklus II siswa yang aktif 18 orang 67%, siswa yang cukup aktif 7 orang 26% dan kurang aktif 2 orang 7% sedangkan pada pertemuan 2 siswa yang aktif 23 orang 85% dan cukup aktif 4 orang 15%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan kemampuan mengeluarkan pendapat pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 7 Gorontalo Utara.
Downloads
Referensi
Benanza, M. R., Pitoewas, B., & Yanzi, H. (2014). Hubungan Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 1-14.
Cahyono, Sukarliana, L., Mulyana, D., & Normansyah, D. A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Hukum Dan Konstitusi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 270-280.
Dewi, L. S., Dewi, A. D., & Furnamasari, F. Y. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran PKn di Kelas Rendah. Aulad: Journal on Early Childhood, 12-19.
Harahap, W., Zebua, E., & Damanik, R. H. (2023). Pengaruh Teknik Brainstorming Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 785-798.
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 18-25.
Kusumadewi, A. (2023). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPIT Darunnida. Jakarta: Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Muslim, H. A., & Harmianto, S. (2016). Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pkn Melalui Teknik Brainstorming Menggunkaan Media Tiga Dimensi (3D). Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1-17.
Mustikaningrum, P. (2015). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Siswa Melalui Metode Pembelajaran Brainstorming Pada Kelas X K 3 Smk N 1 Kasihan Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Yogyakarta: Repository Universitas PGRI Yogyakarta.
Renaningtyas, C. P., & Taufikurrahman. (2023). Efektifitas Penggunaan Sikap Demokratis Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn di Kelas IXa dan IXb SMP Insan Perwira Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Education, Law, and Citizenship, 49-58.
Sandi, Azis, E., Yanti, A., Syamsurianto, Sahirudin, & Yusuf. (2023). The Effect of Applying the Brainstorming Method on Results Studying Social Sciences Subjects. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2656-5862.
Saverius, S., Yunus, M., & Fatmayanti, A. (2020). Penerapan Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII di SMA YP PGRI 2 Makassar. Jurnal Ilmiah Pena, 9-12.
Sriwijayanti, P. R., Daryono, & Hakim, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) Dalam Meningkatkan Budaya Belajar Aktif Siswa. LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, 157-163.
Tampubolon, M. S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Wahyuni, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas Viia Smp Negeri 6 Cilacap. Jurnal Ilmiah Guru “COPE", 81-91.
Yazid, M. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Woja Dompu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 510-517.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.