Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas V SD
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan temuan mengenai rendahnya keterampilan menulis narasi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis narasi peserta didik kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalent multiple-group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berada di SDN Wilayah Binaan II Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar Negeri Bambu Apus 03 Pagi Kecamatan Cipayung, yang mana penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa pretest, posttest dan lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran. Pengumpulan data penelitian diambil dari tes keterampilan menulis narasi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa (1) implementasi model pembelajaran bamboo dancing dan CIRC terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik secara signifikan (2) implementasi model pembelajaran bamboo dancing terbukti lebih baik dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran CIRC (3) kemampuan berpikir kritis terbukti dapat mempengaruhi keterampilan menulis narasi peserta didik.
Abstract
This research was motivated by findings regarding the low narrative writing skills of students. The aim of this research is to determine the influence of learning models and critical thinking skills on the narrative writing skills of fifth grade elementary school students. This research is a type of quasi-experimental research using a nonequivalent multiple-group pretest-posttest design. The population in this study were fifth grade elementary school students in the Wilayah Binaan II Kecamatan Cipayung, East Jakarta. The sample in this study was 5th grade elementary school students in SDN Bambu Apus 03 Pagi. Determination of the sample using purposive sampling technique. The measuring instruments used in this research are pretest, posttest and observation sheet on the implementation of the learning model. Research data collection was taken from tests of students' narrative writing skills and critical thinking abilities. Based on data analysis, research results were obtained which showed that (1) the application of the bamboo dancing and CIRC learning models was proven to be able to significantly improve students' narrative writing skills (2) the application of the bamboo dancing learning model was proven to be better in improving students' narrative writing skills compared to the CIRC learning (3) critical thinking skills are proven to influence students' narrative writing skills.
Downloads
Referensi
Faruk, J., dkk. (2022). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran bamboo dancing untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Subulana: Journal of Education and Islamic Studies, 5(2), 1-10.
Febriyanto, B. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 90-102.
Handayani, N. (2016). Perbedaan Metode Giving Question And Getting Answer dan Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Gamping. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hardani, M. (2017). Pengaruh Model Kooperatipe bamboo dancing terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa SMP. GERAM: Jurnal Gerakan Aktif Menulis, 5(1), 17-23.
Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 105-116.
Maryam, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 206-213.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Permendikbud Nomor 021 Tahun 2016. Kemendikbud.
Nurhaeni. (2019). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Mengarang Melalui Pembiasaan Menulis Buku Harian Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Mawasir Padang Kalua Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Yarmi, Gusti., dan Kaban, Sehati. (2015). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jakarta: LPP Press UNJ.
Yuliana, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Model CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 060849 Karang Berombak Kecamatan Medan Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 26-31.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.