Pembinaan Kompetensi Ustadz Madrasah Diniyah melalui Program Tarbiyatul Mu'allimin di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Ar-Rosyidiyah Mambaul Ulum Pangarengan Sampang

  • Miftahul Ulum STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
Kata kunci: kompetensi, ustadz, tarbiyatul mu’allimin

Abstrak

Program Tarbiyatul Mu’allimin merupakan sebuah wadah pembinaan yang diadakan untuk memberikan pembekalan sekaligus meningkatkan penguasaan materi seorang ustadz khususnya dalam bidang ilmu agama. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu selama penelitian dan setelah penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tarbiyatul mu’allimin dilaksanakan setiap hari pada jam 16.00-17.00 (istiwa’). Bentuk pelaksanaannya sama dengan pelaksanaan KBM yang dilaksanakan dikelas biasanya. Metode yang biasa digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Dan materi kajiannya meliputi 8 bidang ilmu yaitu: ‘ilmu ushūl (kitab Jawẖaroh at-Tauẖīd), ‘ilmu furu’ (kitab Fatẖul al-Qarīb), tafsīr (kitab Tafsīr Jalalain), ‘ilmu ẖadits (kitab Riyad as-Sholiẖīn), ‘ilmu alat (kitab Ibnu Aqīl), ilmu qushos (kitab Daqoiqul Akhbar), ‘ilmu sufi (kitab Bidāyatul Hidāyah), ‘ilmu akhlak (kitab Ta’līmul Muta’allīm dan ‘Uqudul Lijain). Kendala yang dihadapi dalam penerapan program Tarbiyatul Mu’allimin pada pembinaan kompetensi ustadz diantaranya: minimnya minat atau kemauan para asatidz untuk konsisten mengikuti program dengan alasan malas atau sibuk bekerja, waktu yang kurang memadai, kegiatan sosial masyarakat seperti tahlilan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yaitu dengan memberikan pemantapan dan meyakinkan para asatidz akan pentingnya mengikuti program Tarbiyatul Mu’allimin untuk menambah dan memperluas penguasaan materi yang akan disampaikan pada murid-muridnya. Selain itu, kepala madrasah juga memberikan tunjangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arif, Saiful. 2013. “Orientasi Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru di Madrasah.” Tadris,8 (1): 143.
Baharuddin. 2011. Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam: Menuju Pengelolaan Profesional & Kompetitif. Malang: UIN Maliki Press.
Barizi, Ahmad. 2011. Pendidikan Integratif; Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
-----------------. 2009. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Daulay, Haidar Putra. 2014. Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Departemen Agama Republik Indonesia. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Gema Risalah Press.
Digilib.unila.ac.id/930/9/BAB II.pdf. Diakses 26 April 2017.
Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. 2014. Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Fathurrohman, Muhammad & Sulistyorini. 2012. Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam; Peningkatan Pendidikan Islam Secara Holistik (Praktik & Teoritk). Yogyakarta: Teras.
Fathurrohman, Pupuh & Aa Suryana. 2012. Guru Profesional. Bandung: PT Refika Aditama.
FH, Abu Muhammad & Zainuri Ziroj. 2009. Kamus Istilah Agama Islam (KIAI). Tangerang: PT Albama.
Hamalik, Oemar. 2010. Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Herabudin. 2009. Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, Nor. 2015. Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kosim, Mohammad. 2013. Guru dalam Perspektif Islam. Dalam Mohammad Muchlis Solichin (Ed.), Memotret Guru Ideal-Profesional: Harapan, Peluang, dan Tantangan di Tengah Arus Perubahan Sosial (hlm. 4). Surabaya: Pena Salsabila.
Kurniawan, Hendrikus Lyzardi et al. 2014. Pembinaan Sumber Daya Aparatur dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat. eJournal Administrative Reform, 2 (3).
Lubis, Akhyar Yusuf. 2016. Filsafat Ilmu: Klasik hingga Komptemporer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Martha, I Nengah. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muhaimin. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mujib, Abdul. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.
Nashir, M. Ridlwan. 2010. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nokesteen, Mehdi. t.tt. History of Islamic Origins of Western Education. Colorado: University of Colorado Press.
Nurdin, Muhamad. 2008. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pengertian, Fungsi Pembinaan Menurut Para Ahli, Kumpulan Artikel tentang Komputer, Internet, dan juga Pelajaran Sekolah dan Artkel Lainnya:http://xerma.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-fungsi-pembinaan-menurut.html. Diakses 25 April 2017.
Peraturan Menteri Agama RI Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam. 2014. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. 2007. Jakarta: Presiden RI.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. 2008. Jakarta: Presiden RI.
Rani. Upaya Pembinaan Kompetensi Profesinal Guru: http://raniaja606/.blogspot.co.id/2014/05/upaya-pembinaan-kompetensi-profesional.html. Diakses 26 April 2017.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.
Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Strauss, Anselm & Juliet Corbin. 2013. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Tata Langkah dan Teknik-teknik Teorisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutrisno & Muhyidin Albarobis. 2012. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, offline. Jakarta: Pusat Bahasa.
Uno, Hamzah B. & Nina Lamatenggo. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Memengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Yasin, Ahmad Fatah. 2011. Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Yusuf, Kadar M. 2013. Tafsir Tarbawi: Pesan-pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah.
Yustisia, N. 2012. Hypno Teaching: Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Diterbitkan
2019-09-27
Bentuk Sitasi
Ulum, Miftahul. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 2 (September 27, 2019): 137-158. Accessed March 31, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/448.
Section
Articles