Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Tema Sumber Energi Kelas III Di MI Negeri 1 Yogyakarta

  • Wina Calista UIN SUNAN KALIJAGA
Kata kunci: Pelaksanaan, Penilaian Autentik 2013, Pembelajaran Tematik

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik pada tema sumber energi kelas III di MI Negeri 1 Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada siswa kelas IIIC di MI Negeri 1 Yogyakarta belum secara optimal diterapkan oleh guru. Pada kurikulum 2013 penilaian mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotor, tetapi pada proses pembelajaran ketiga penilaian tersebutĀ  belum secara optimal diterapkan oleh guru dalam pembelajaran. Dalam hal ini guru hanya menerapkan penilaian hanya pada ranah kognitif atau pengetahuan dalam bentukĀ  tes lisan dan tes tertulis. Pada penilaian ranah afektif dan psikomotor guru tidak melakukan penilaian dan juga tidak adanya intrumen penilaian yang menjadi acuan guru pada saat proses pembelajaran. Dari hasil wawancara melatarbelakangi guru tidak melakukan penilaian disebabkan karena guru yang sudah memiliki pengalaman mengajar dikelas III selama sepuluh tahun sehingga guru sudah memahami karakteristik siswa kelas III SD/MI. Mengacu pada Permendikbud No 66 tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan bahwa penilaian autentik kurikulum 2013 ranah afektif, kognitif dan psikomotor harus diterapkan oleh guru yang dimulai pada awal pembelajaran, proses pembelajaran dan akhir proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Chappuis, S. d. (2012). An Introduction to Student-Involved Assessment for Learning. Boston: Addison Wesley.
Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.
Hosman, M. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2011). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi . Bandung: Refika Aditama.
Prastowo, A. (2018). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.
Suparman, A. (2010). Desain Intruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Diterbitkan
2019-09-26
Bentuk Sitasi
Calista, Wina. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 2 (September 26, 2019): 196-203. Accessed February 19, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/450.
Section
Articles