Efektivitas Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘ilmi Jambi

  • Astuti Hidayati Universitas Jambi
  • Sayfudin Zuhdi Universitas Jambi
  • Nazurti Nazurti Universitas Jambi
  • Indryani Indryani Universitas Jambi
  • Eka Sastrawati Universitas Jambi
Kata kunci: Evaluasi, Pembelajaran, Efektifitas

Abstrak

Penilaian merupakan suatu komponen pembelajaran yang sangat penting dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena penilaian dapat mengontrol pelaksanaan pembelajaran dengan baik. Penilaian tersebut harus dilaksanakan berdasarkan metode penilaian yang ketat, dan berdasarkan standarnya, khususnya standar komprehensif, progresif, obyektif, substansial, edukatif, terbuka dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran di lembaga pendidikan. Sesuai dengan pertanyaan yang terjadi, latihan penilaian atau Evaluasi di SDIT NURUL 'ILMI JAMBI dilaksanakan dengan menggunakan metode yang ketat, sesuai dengan standar tersebut dengan bentuk penilaian yang berbeda-beda, baik dari segi persiapan maupun penyelidikan. Dengan cara ini, penilaian yang dilakukan benar-benar memberikan informasi akurat yang dapat menggambarkan kemajuan siswa sebagaimana adanya, sehingga juga memberikan masukan untuk melakukan perubahan dan memutuskan pendekatan kemajuan yang tepat untuk tahap berikut nya . Selanjutnya dampak positifnya dapat menjadikan sekolah mampu bersaing dalam dunia pendidikan, mewujudkan pendidikan bermutu dengan akreditasi dan berlisensi A, serta menjadi lembaga pendidikan yang banyak peminatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Amirono & Daryanto. (2016). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Depag: Dirjen Pendidikan Islam, 2009.
Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara,2008
Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PTRineka Cipta, 2001
Derajat, Zakiah, Membina Nilai-nilai Moraldi Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang,1976
Gronlund & Robert L. 1985. Measuremenand Evaluation in Teaching. New York: Mc Millan Publishing Company
Kusnandar. (2014). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Mardapi, D.(2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing
Ratnawulan, E. & Rusdiana H, A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia
S. Bloom, Taxonomy of Education Objectives,- Hand Book Domain, New York: David McKay Company, Inc, 1969
Subali, B. (2016). Prinsip Assemen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sunarti & Rahmawati, S. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yunus, Mahmud, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: Hida Karya Agung, 1990. (Depag: Dirjen Pendidikan Islam, 2009), hal. 22-23.
Diterbitkan
2024-03-30
Bentuk Sitasi
Hidayati, Astuti, Sayfudin Zuhdi, Nazurti Nazurti, Indryani Indryani, and Eka Sastrawati. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 30, 2024): 531-546. Accessed April 23, 2025. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2263.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)