Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru dalam Meciptakan Proses Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar

  • Eka Rosmawati Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Linda Agustian Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Hendriani Hendriani Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Eka Sastrawati Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Nazurti Nazurti Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Indryani Indryani Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
Kata kunci: Fasilitas Sekolah, Kinerja Guru, Pembelajaran Efektif

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh ketersediaan fasilitas sekolah terhadap kinerja guru dalam menciptakan proses pembelajaran efektif. Fasilitas pembelajaran merupakan sarana dan prasarana yang harus tersedia untuk memperlancar kegiatan pendidikan Sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuisioner atau angket, populasi yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 10 guru dan sampel yang digunakan juga berjumlah 10 yakni guru di SDN 153/X harapan makmur. Kinerja guru merupakan salah satu unsur penting dalam pendidikan, selain itu juga menjadi penentu tigkat mutu pendidikan. Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peseta didik merasa lebih nyaman, dengan kinerja guru yang benar dan memanfaatkan fasilitas pembelajaran pastinya akan menciptakan pembelajaran efektif. Berdasarkan hasil uji T diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.002 < 0.05, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas pembelajaran terhadap kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Bennett,N.(2003). Effective Education Leadership. California: Paul Chapman Publishing.
Fattah, N. (2011). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Furqon, dkk. (2000). Pengembangan Model Penilaian Sekolah Efektif. Lembaga Penelitian UPI
Diterbitkan
2024-03-30
Bentuk Sitasi
Rosmawati, Eka, Linda Agustian, Hendriani Hendriani, Eka Sastrawati, Nazurti Nazurti, and Indryani Indryani. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 30, 2024): 345-367. Accessed May 28, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2242.
Section
Articles