Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Raudhatul Athfal dalam Telaah Renstra Kemenag 2015-2019

  • Ibnu Salman Universitas Negeri Jakarta
  • Agus Widodo Universitas Negeri Jakarta
Kata kunci: Kebijakan, Raudhatul Athfal, Renstra

Abstrak

Artikel ini menyajikan tentang Kebijakan Raudhatul Athfal (RA) yang merupakan satuan pendidikan anak usia dini setara dengan Taman Kanak-kanak (TK) yang memiliki ciri khusus keislaman yang dikembangkan oleh Kementerian Agama yang diselenggarakan pada jalur pendidikan formal bagi anak berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus terhadap telaahan Renstra Kemenag 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Regulasi kebijakan Pra sekolah (Raudhatul Athfal/RA) kurang mendapatkan perhatian yang maksimal, diantaranya ketiadaan RA berstatus negeri. Ketiadaan status negeri pada lembaga RA satu sisi merupakan kebijakan yang tidak adil dan tidak merata bagi pendidikan pra sekolah. Turunan implementasi Renstra Kemenag 2015-2019 adalah PMA No. 14 tahun 2014 tentang Penegerian Madrasah. Tetapi dalam prakteknya belum ada satupun RA yang berstatus negeri. Idealnya dengan penegerian lembaga Raudhatul Athfal maka upaya peningkatan mutu pendidikan RA justru menjaditidak memiliki benchmark yang baik terhadap lembaga yang sejenisnya yaitu Taman Kanak-kana (TK).

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Direktorat Pendidikan Madrasah. 2007. Kurikulum Raudlatul Athfal. Jakarta; Direktorat Jenderal pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Djam’an Satori dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2010).
Edward III, George C (edited), 1984, Public Policy Implementing, Jai Press Inc, London-England.
Jozeph Zajda, International Handbook on Globalisation, Education and Policy Research, Springer, 2005.
Emispendis.kemenag.go.id/emis2016v1/index.php?
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21_tkra.php
http://www.sumutprov.go.id/berita-lainnya/402-pendidikan-anak-usia-dini-masih-rendah
Farida Hanun, Jurnal “Al-Qalam” Volume 21 Nomor 2 Desember 2015, Evaluasi Penegerian Madrasah.
Hermino, Agustinus. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan, Jakarta, Gramedia, 2013
Jiaxiong Zhu, International Journal of Child Care and Education Policy, 2009, Vol. 3, No. 1, 51-60 Copyright 2009 by Korea Institute of Child Care and Education
Kementerian Agama. 2016. Educational Management Information System (EMIS) Tahun 2015/2016. Pendis: Kementerian Agama.
Kementerian Agama RI dalam Angka 2016, Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Tahun 2017
Mardan Umar, dan Feibi Ismail, Jurnal Pendidikan Islam Iqra’ Vol. 11 Nomor 2 Tahun 2017 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Manado
Mahfud, Choirul. 2013. Politik Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan PendidikanIslam Pasca Orde Baru) Disertasi.Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Muhammedi.2017. Peran Raudhatul Athfal (RA) Dalam Membina Generasi Islam Yang Berkarakter. Raudhah, Vol. V, No. 1: Januari – Juni 2017.
Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008).
Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln (Eds). 1994. Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks, California: SAGE Publications.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang selanjutnya disempurnakan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2013.
SIMPATIKA/Februari 2018 Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan RA di Sumatera Utara.
Saepudin, Juju. 2017.Mutu Raudhatul Athfal di Kota Jambi dalam Perspektif Standar PAUD, Jurnal PENAMAS,Volume 30, Nomor 2, Juli-September 2017.
Salman, Ibnu. 2018. Term of RefferenceNeed Asessmen Penegerian Raudhatul Athfal, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan: Balai Litbang Agama Jakarta.
Tamara Young and Wayne D. Lewis, Educational Policy Implementation Revisited, Educational Policy 2015, Vol. 29 (1) 3–­17 © The Author (s) 2015 Reprints and permissions:sagepub.com/journalsPermissions.nav DOI: 10.1177/0895904815568936
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Diterbitkan
2020-09-30
Bentuk Sitasi
Salman, Ibnu, and Agus Widodo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 2 (September 30, 2020): 167-184. Accessed November 27, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/664.
Section
Articles