Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I Mata Pelajaran Tematik di MI Salafiyah Syafi’iyah II Klinterejo, Mojokerto

  • Sun Haji Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: model pembelajaran talking stick, hasil belajar

Abstrak

Model pembelajaran menjadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar pada kelas I. Metode penelitian ini termasuk kedalam eksperimen semu. Uji analisis menggunakan independent simple t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap terhadap hasil belajar pada kelas I MI.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Zainal.2006.Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru.Bandung:Yama Widya
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed April 23, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Dahar, R, W. 1998. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial. Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Puskur – Dit PTK3D.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Depdikbud. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar KTSP 2006. Jakarta: Dirjendikdasmen
Direktur Jendral. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Djamari, H. 1991. Pendidikan IPS 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.
Handayani, Sri, 2007. Efektifitas Model Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) dan pembelajaran Koopeatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan aktifitas belajar, hasil belajar dan respon belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA negeri 2 Malang.Skripsi tidak diterbitkan.Malang : Fakultas Ekonomi
Kasbolah, K. 1998. Penelitian Tindakan Kelas.Malang: Depdikbud.
Kurniasih, Afida, 2009. Penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas VI di SDN Gadang I kota malang. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas negeri Malang Program studi KSDP.
Diterbitkan
2016-09-06
Bentuk Sitasi
Haji, Sun. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 3, no. 2 (September 6, 2016): 98-105. Accessed March 29, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/84.
Section
Articles