Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Menghargai Nilai Juang Para Perumus Pancasila Siswa Kelas VI di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor

  • Rusmiati Rusmiati STKIP Arahmaniyah Depok
Kata kunci: Quantum Learning, minat belajar, hasil belajar PKn

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model quantum learning dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PKn. Metode penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan proses pendekatan kuantitatif asosiatif yang mengarah kepada analisis korelasi dan regresi, baik yang bersifat sederhana maupun ganda. Penelitian survey yang dimaksud, sebagaimana pendapat Sugiyono (2010:7), adalah: “Penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis”. Berikut hasil penelitian: (1) Besarnya variasi perubahan Hasil Belajar yang mampu dijelaskan oleh Penerapan model Quantum Learning  mencapai sekitar 50,40%; (2) Besarnya variasi perubahan Hasil Belajar yang mampu dijelaskan oleh Minat Belajar mencapai sekitar 58,30%; (3) Besarnya variasi perubahan Hasil Belajar yang mampu dijelaskan oleh Penerapan model Quantum Learning dan Minat Belajar secara bersama-sama mencapai sekitar 62,30%.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdul Rahman Abror, 1993. Belajar dan Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Agus Nggermanto, 2005. Quantum Quotient, Jakarta : PT Bumi Aksara
Andi Mappiare, 1983. Belajar dan Mengajar : Sebuah Pengantar Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rajawali.
Anwar Jasin, 1996. Proses Belajar Mengajar yang Effektif, Bandung Remaja Rosdakarya
Bimo Walgito, 1983. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta:Yayasan
Penerbitan Fakultas Psikologi UGM
Colin Rose dan Macolm J. Nicholl, 2003. Acceleratid Learning for the 21st Century (Cara Belajar Cepat Abad XXI), Bandung : Nuansa Cendekia.
Crowl, Thomas K, Sally Kamisky & David M. Podell. 1997, Educational Psychology, Madison, WI: Brown & Bencmark Publisher.
DePorter, Reardon & Siger Nourie, 2005, Quantum Teaching, Bandung, Kaifa.
DePorter, Bobbi & Mike Hernacki, 2005. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, (Terjemahan Alwiyah Abdurahman) Bandung : Kaifa.
Depdiknas, 2003. Undang-undang Republik Indoenesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdikdnas
Dick, Walter and Lou Carey. 1985. The Systematic Design of Instruction. 3 nd, Florida : Harper Collin.
Djoko Saryono, http://pkab.wordpress.com, yang diakses pada tanggal 2 April 2009
Ella Yulaelawati. 2004, Kurikulum dan Pembelajaran (Filosofi, Teori dan Aplikasi). Bandung : Pakar Raya.
Erma Muflikhah, 2004. Tesis : Pengaruh Metode Pembelajaran dengan Model Quantum Learning dan SImulasi Peran terhadap Prestasi Belajar Fisika dengan Memperhatikan Emotional Quotient (EQ) dan Kreativitas Siswa, Universitas Sebelas Maret.
Gagne, Robert M, Driscol, Marcy, Perkind. 1989. Essential of Learning for Instruction, Englewood Cliffs, NJ : Prentice Hall
Gledler, Margaret. 1991. Learning and Instruction. New York : MacMillian Publishing Company.
Hamzah B. Uno, 2006, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Hernowo, 2007. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Kreatif. Bandung : MLC
Hernowo, 2007, Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara
Menyenangkan. Bandung. MLC
Joice, Marsha W dan E Calhoun, 2000, Teaching and Learning Models, Boston: Allyn & Bacon
Kartini Kartono, 1996. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Edisi-7. Bandung: Mandar Maju
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Hasil. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2006, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung:Sinar Baru. Algesindo Offset
Ngalim Purwanto, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Noorhadi dan Sri Anitah Wiryawan, 1994. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta : Grasindo.
Oemar Hamalik. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara
Saifudin Azwar, 2003. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Saifudin Azwar, 2007. Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Saiful Bahri Djamarah, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Saiful Bahri Djamariah, 1996. Prestasi Belajar dan Hasil Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Singgih Gunarsa, 1992. Psikologi Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sri Anitah W dan Noerhadi.2003. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, 2005. Metoda Statitiska, Bandung : Tarsito.
Suharsini Arikunto,2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rineka Cipta.
Suharsini Arikunto, 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2008. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sri Sumaryati, 2008. Tesis: Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Dasar-dasar Akuntansi dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Emosi, Universitas Sebelas Maret.
Toeti Soekamto, Udin Saripudin Winataputra. 1996. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta : PAU-PPAI.
Tulus Winarsunu, 2007. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Malang:UMM.
Udin. S. Winataputra. 2004, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: UT.
Uyanto, Stanislaus. Pedoman Analisis Data dengan SPSS, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Winkel, W.S,2007. Psikologi Pengajaran, Yogyakarta, Media Abadi.
Williams, John. 1976. Research Metodh in Education. Melbourne : Rusden State College.
Woolfolck, A.E. & Nicolich, L.M. 1984, Educational Psychology for Teaching. Engelwood Cliffs.N.J.:Prentice Hall.
Diterbitkan
2019-03-29
Bentuk Sitasi
Rusmiati, Rusmiati. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 1 (March 29, 2019): 190-203. Accessed January 28, 2022. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/931.
Section
Articles