PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AL FAQIH KEDUNGBANTENG

Authors

  • Putri Ismawati STITNU Al Hikmah Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.29062/zprnj807

Keywords:

Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi project penguatan profil pelajar Pancasila  pada anak usia 3 - 4 tahun di KB Al Faqih Kedung Banteng. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan project penguatan profil belajar Pancasila di KB Al Fatih kedungbanteng. Berdasarkan hasil penelitian penerapan cek penguatan profil pelajar Pancasila di KB al-faqih kedungbanteng mengambil tema besar yaitu kado untuk ibu dan indahnya sekolahku. Penelitian ini menggunakan desain penelitian diskriptif Kualitatif dengan subyek penelitian siswa dan Guru KB Al Faqih Kedung Banteng Malang. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dperoleh kemudian dianalisis melalui tehnik analisis data Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran proses penguatan profil pelajar Pancasila pada tema indahnya sekolahku dan kado untuk ibu memiliki 7 tahapan perencanaan yaitu: diskusi guru ,pengambilan tema project, pengambilan alur pembelajaran project, pembuatan modul ajar project, perwujudan kegiatan project, pengadaan sarana prasarana, dan melibatkan orang tua. Pelaksanaan kegiatan project penguatan profil pelajar Pancasila tema indahnya sekolahku dan kado untuk ibu di KB Al Faqih kedung banteng memiliki tiga tahapan; tahapan permulaan, tahapan pengembangan, dan tahapan tindak lanjut.

References

Ariani, S., dkk. 2022. Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas, Artikel Perencanaan dan Pengembangan.

Andriani. S., Dwi. W., Yusuf. T. H. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4): 5-9.

Abubakar, R. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Press UIN Sunan Kalijaga.

Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, Indeks Karakter Siswa Menurun Refleksi Pembelajaran Pandemi. Diakses pada 4 November 2024, dari https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswamenurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi.

Bahri, S. 2011. Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, XI (1): 16-18.

Betty, H., Sherly., Dharma, D. 2020. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan I.

Baro’ah, S. 2020. Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal Tawadlu, 4(1): 66.

Candra Yudi,dkk.2020. “KONSEP KURIKULUM DAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM” Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,

Dwi. N., dkk. 2022. “Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP, hlm. 8- 10.

Herutami, I., dkk. 2021. “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi Republik Indonesia.

Harjatayana, T. Y. dkk. 2022. “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”. Jakarta: Kemetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Khaironi, M. 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 1(2): 83-86.

Khairiyah, U & Eka, L. 2022. Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA”, 8(2): 144-151.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 2021. “Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka”. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Republik Indonesia. . Diakses pada sabtu, 21 Oktober 2023 http://kurikulum.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2022/07/V.2-Dimensi-elemen-subelemen-Profil-PelajarPancasila-pada-Kurikulum-Merdeka.pdf

Kementreian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. “Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Republik Indonesia. Diakses pada sabtu, 21 Oktober 2023 dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/bukusaku.pdf

Kemendikbud, Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2023. Dari https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdekajadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Khoiro, A. A & Kusumastuti, A. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP)

Kurniawan, Y 2020. “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Lembaga Kursus Kelas Anak-anak“, Prosding Seminar Nasional Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Tamansiswa. Yogyakarta. Pasca Sarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Diakses pada, selasa 12 Desember 2023

Lexy, J. Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Ke-1, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurmadiah, Nurmadiah. 2018. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 2 (2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93 diakses pada, senin 11 desember 2023

Maryanti, S., Raharjo, M. M. 2021. Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran Satuan PAUD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Hlm: 32-33

Mahendra, A., dkk. 2022. Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Portotipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (BRUE). 8(1): 10-11..

Panduan pengembangan P5 dan rahmatallilalamin.2022.direktorat jenderal pendidikan islam. Kementrian Agama RI

Masykur. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Lampung: CV Anugrah Utama Raharja.

Priatmoko, S. & Sugiri, W.A. 2020. Prespektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. Jurnal At-Taulab, 4(1): 54-55.

Prihatinna, 2022. “Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Tk Islam Orbit 2 Surakarta Tahun 2022/2023” Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Prameswari, T. W. 2020. Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Dini Menuju Indoneisa Emas 2045, Prosding Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara, (1): 77-177.

Sihotang, H. & Jojor A. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan), Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan, 4(4): 51.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. 2016. Stimulasi dan Aspek Perkembngan Anak. Jakarta: Kencana. hlm: 18-20.

Yasipin & Hidayah, N. 2020. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa. Jurnal Hawa, 1(1): 12.

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AL FAQIH KEDUNGBANTENG. (2025). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 11(1), 70-76. https://doi.org/10.29062/zprnj807

Most read articles by the same author(s)