Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa melalui model cooperative tipe round table pada siswa kelas IV SDN 013 Kumantan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Objek penelitian adalah keterampilan menulis puisi bebas. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa meningkat setelah adanya tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas IV SDN 013 Kumantan. hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata kelas dan klasikal. nilai rata-rata dan persentasi ketuntasan klasikal siklus I pertemuan I 36,4%, pada siklus I pertemuan II 54,5% dan siklus II pertemuan I 81,8% pada siklus II Pertemuan II 90,9%
Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Tipe Round Table, Kemampuan Menulis Puisi Bebas, dan Sekolah Dasar.
Downloads
Referensi
Ady. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Journal On Teacher Education, Vol 1(1), 52-61
Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arsad. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Pada Siswa Sekolah Dasar. PGSD FKIP, Vol 3 (2), 1-6
Ardika. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang: Skripsi Tidak Dipubliskan
Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif).Bandung: Yrama Widya.
Barkley, E. E., Cross, K. P., & Major, C. H. (2012). Collaborative Learning techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media.
Dafit. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Limbangan Dengan Teknik Latihan Terbimbing Melalui Media Lagu. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Semarang Vol.5 No 1.
Dalman. (2016). Keterampilan Menullis, Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Hariyanto (2013). Pembelajaran Aktif: Teori dan asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Herzamzam, D., A. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Kooperatif tipe Round Table pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80.
Martaulana. (2018). Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.
Mccafferty. (2014). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Rineka Cipta.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupanda. 2(2), 71420
Mukrima. (2014). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Kata Pena.
Metty, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jakarta:selemba empat
Nurul. A. (2020). Model Kooperatif Tipe Round Table pada Kemempuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal fkip uns, 1(2).
Simartama. (2019). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi kedua), Jakarta: Bumi Aksara.
Suprianto. (2020). Model Kooperatif Tipe Round Table pada Kemempuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 4(2),1451-1459
Sugianto. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suhendra, A., & Prasetyanto, D. W. I. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(2), 1–12
Supriyanto dan Sriwilujeng D. (2016). Guru Pembelajaran Modul Pelatihan SD Kelas Tinggi, Direktur Jenderal Guru danTenaga Kerja Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. (2018). Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama.
Bekti. (2011). Strategi Pembelajaran Menulis Berbasis PAKEM Pada Siswa Kelas IV di MI Azzaroofah Jakarta Timur. In Prosiding Seminar Nasional jurusan PGSD FIP UNP tahun 2008. 1(1), 1-12.
Yuliani, Tri. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Pembelajaran Koopratif Tipe Round Table Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal fkip uns. 1-6.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.