Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Creatif Problem Solving (CPS) di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIM Simpang Kubu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 15 orang siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIM Simpang Kubu pada pratindakan nilai rata-rata 53,33 dengan persentase ketuntasan belajar 33%. Pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata 62,53 dengan persentase ketuntasan belajar 40% dan pada siklus 1 Pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 65,13 dengan persentase ketuntasan belajar 53%. Pada siklus 2 pertemuan I mengalami peningkatan juga dengan nilai rata-rata 73,33 dengan persentase ketuntasan belajar 67%, dan pada siklus 2 pertemuan II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata 84,13 dengan persentase ketuntasan belajar 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajan Creatif Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan kemamampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIM Simpang Kubu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Creatif Problem Solving (CPS) dan Kemampuan Berpikir Kritis
Downloads
Referensi
Aini, N., dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Siswa Kelas IV MI Al-Falah. Journal Pendidikan Dan Konseling, 2(2), 179–182.
Gusliani, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Ilmi, M. I., & Samaya, D. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Palembang. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 49–57.
Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.
Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. (2018). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Vidya Karya, 33, 1–20.
Marta, R. (2017). Peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan problem solving siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24–37.
Mayari, S., & Nurhairani. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question (Lsq) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Di Kelas V Sdn 101777 Saentis. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4, 247–254.
Mulyani. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Oktaferi, R., & Desyandri. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2637–2646.
Putra, P. D. A., & Sudarti. (2015). Pengembangan sistem E-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), 45–48.
Putri, G. R. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siwa Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Samiha, L., Soro, S., & Kurniasih, M. D. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CPS dan Tipe NHT di MAN 2 Jakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 01, 1–8.
Sanjaya, & Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santoso, W. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3), 101.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sari, A. D., Noer, S. H., & Asmiati. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Relatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1115–1128.
Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Number head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1),135-138
Widiantari, N. K. M. P., dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Dalam Pembelajaran Matematika. Journal PGSD Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.
Wulandari, R. A. (2016). Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dengan Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD), 1, 196–203.
Yulianti, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 32–39.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.