Pengaruh Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan terhadap Pembentukkan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Nilam Alviatia Ashita Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Indahnurhidayati Indahnurhidayati Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Praptiningsih Praptiningsih Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
Kata kunci: Kepanduan Hizbul Wathan (HW), Pembentukan Karakter

Abstrak

Kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) dilakukan seperti kegiatan pembelajaran namun dilakukan diluar jam pelajaran atau jam tambahan. Kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) dilakukan adanya timbal balik antara peserta didik dengan pelatih atau guru kepanduan Hizbul Wathan (HW). Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Bagaimana kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) di MI Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Bagaimana pembentukkan karakter peserta didik di MI Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Berapa besar pengaruh dari kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) terhadap pembentukkan karakter peserta didik di MI Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan desain kuantitatif ex post facto. Menurut Martina Pakpahan (2022: 72) tersebut bahwa, penelitian ex post facto adalah penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian tersebut terjadi dan dimana peneliti memulai dengan melakukan observasi hubungan yang terlihat, atau terdapat akibat dari variabel. subjek penelitian berupa variabel X yaitu tentang kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) dan variabel Y yaitu tentang pembentukkan karakter peserta didik. Penelitian dilakukan di MI Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo. Pengumpulan data ini antara lain: Angket; Observasi penelitian ini langsung mengamati kegiatan kepanduan Hizbul Wathan di MI Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo; dokumentasi yang merupakan pelengkap dari penggunaan metode sample random, wawancara dan observasi dalam penelitian kuantitatif.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Berdasarkan penghitungan ditemukan rata-rata (mean) 7,6 yang artinya kegiatan Hizbul Wathan (HW) sangat baik. 2) Pembentukkan karakter peserta didik di MI Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendidikan karakter adalah usaha yang sungguh-sungguh untuk memahami, membentuk, memupuk nilai-nilai etika, baik untuk diri sendiri maupun untuk semua warga masyarakat atau warga negara secara keseluruhan. Berdasarkan penghitungan ditemukan rata-rata 7,6 yang artinya kegiatan Hizbul Wathan (HW) sangat baik. 3) Terdapat pengaruh positif yang cukup kuat tentang Kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) pada pembentukkan karakter peserta didik di MI Muhammadiyah 1 Program Khusus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan kadar 90%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdullah,S., & Sutanto,T. (2015). Statistika Tanpa Stres. Jakarta: Transmedia Pustaka.
Adhi Kusumastuti, A. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: CV Budi Utama.
Agus Wibowo. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012:33).
Arieska, P. (2018). Belajar Sampling Tanpa Pusing. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara (PMN).
Arif, D. B. (2011). Optimalisasi gerakan kepanduan Hizbul Wathan untuk pembinaan karakter warga negara muda. In Prosiding Seminar, Lembaga Kebudayaan Universitas Muhammadiyah Malang (hal. 88–97)
Bidang Diklat Kwartir Pusat Hizbul Wathan, 2013. Pedoman Seragam dan Atribut Pandu Hizbul Wathan Pengenal. Yogyakarta Kwartir Pusat Hizbul Wathan.
Budi Darma. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Jakarta: Guepedia
Danim, Sudarwan, (2002:24). Menjadi Peneliti Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Fadhallah. (2021). Wawancara. UNJ Press.Jakarta:Ikatan Penerbit Indonesia
Ihsan, Fuad. (1995). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Imam Muhayat. (2022). Membentuk Karakter Kepemimpinan Melalui Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Di SMA Muhammadiyah 1 Denpasar. Jurnal Widya Balina STAI Denpasar Bali, Vol 7 No 2
Kadek Siti Rokhyati, 2020. Pendidikan Kemuhammadiyahan SD/MI Kelas 5 Yogyakarta: Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
Khusna Farida Shilviana, Tasman Hamami. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokulikuler dan Ekstrakulikuler. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol 8 Nomor 1
Mu’in Abdullah, Nur Hidayah & Oxsyana Ayuk Mustarofah. (2023). Kegiatan Bercerita dan Mewarnai Pada Anak Usia Dini Sebagai Bentuk Penanaman Karakter Toleransi Beragama di Desa Kedawung Jumapolo Karanganyar. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 5 No 1, 61-70
Muchlas Samani & Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011), h.43 11
Muhammad Farhan Hidayat, Budi Purnomo. (2021). Pembentukan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Melalui Ekstrakulikuler Hizbul Wathan. Jurnal Sejarah & Pendidikan Fkip Universitas Jambi, 1(1), 01-15
Mujiburrohman, Sukari, Isa Faizul Haq, Muhammad Saleh & Nida Auliya. (2023). Pelatihan Calistung Sebagai Sarana Pendidikan Dasar Anak-Anak Di Dusun Belang Desa Jumantoro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Jurnal Indonesia Mengabdi, Vol 2 No 1, 34
Munir. (2006). Metode Dakwah. Jakarta :Kencana.
Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 Pasal 2 Tentang Kegiatan Ekstrakulikuler
Prof. Dr.H.M. Sidik Priadana,MS & Denok Sunarsi, S.Pd., M.M., CHt. 2021 Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Pascal Books.
Raden Wisnu Broto. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kepanduan Hizbul Wathan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Vol 3 Nomor 2
Septiana Intan Pratiwi. (2020). Pengaruh Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Vol 2 Nomor 1
Singgih Santoso. (2010). Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia,Anggota IKAPI.
Suci Cahyati. (2020). Guru Berkarakter Untuk Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Vol 11 No 1
Sudjana. (1988). Metoda Statistika. Bandung :Tarsito
Sukari, Khasanah,U., Trisnawati,S.N.I., & Nashir, M.J. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Peran Walisongo dalam Kearifan Lokal dan Budaya Nusantara. Jurnal Indonesia, 1(1), 6-11
Sunyoto, Danang. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Amara Books. Yokyakarta.
Supranto, J. (2016). Statistik Teori & Aplikasi Edisi 8 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Supriyadi. (2018). Penguatan Karakter Bangsa Pada Masyarakat Multikultural. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Universitas Ahmad Dahlan, Vol 1 N0 1
Susilo Rahardjo. (2017). Mendesain Profil Guru Berkarakter Cerdas. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Universitas Muria Kudus, Vol 27 No 1
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009), h. 205.
UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
W.Guilis. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Walpole, R. (2015). Pengantar Statistika. Terjemahan oleh Bambang Sumantri. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wiranthi Prastomo, Muhiyatul Huliyah, M.Nasrudin, Intan Kusumawati, Nuryati, A.N. Aribowo. (2018). Hizbul Wathan Bagi Pendidikan Kemandirian Tingkat Sekolah dasar. Jurnal Nuansa Akademik. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, 47-62
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Ashita, Nilam, Indahnurhidayati Indahnurhidayati, and Praptiningsih Praptiningsih. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 426-436. Accessed February 21, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2102.
Section
Articles