Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Amanah Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Vivi Alviani Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Indah Nurhidayati Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Praptiningsih Praptiningsih Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
Kata kunci: Metode Jarimatika, Keterampilan Berhitung Perkalian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Seberapa besar penerapan metode jarimatika pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Amanah Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Seberapa besar keterampilan berhitung perkalian pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Amanah Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Pengaruh metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Amanah Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dengan populasi 25 dan sampel 25. Teknik analisis data Uji prasyarat menggunakan rumus One sample Kolmogorov-smirnov Test. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi produk moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penerapan metode jarimatika dalam proses pembelajaran matematika dalam kategori tinggi yaitu 13 siswa dalam presentase sebesar 52%. 2) Keterampilan berhitung perkalian siswa dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 14 siswa dengan presentase 56%. 3) Terdapat adanya pengaruh antara metode jarimatika dengan keterampilan berhitung perkalian siswa dibuktikan dengan diperolehnya nilai rxy sebesar -708 dengan kategori kuat dengan sig 0,000 yaitu < 0,05 dan rhitung > rtabel = - 0,708 > 0,413 artinya terdapat hubungan yang negatif antara metode jarimatika dengan keterampilan berhitung perkalian siswa sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara metode jarimatika dengan keterampilan berhitung perkalian siswa kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Amanah Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Alon Mandimpu Nainggolan, Adventrianis Daeli. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, Vol 2 Nomor 1.
Andi Fitriani Djollong. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare, Vol 2 Nomor 1.
Annisa Nidaur Rohmah. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Cendekia Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, Vol 9 Nomor 2, hal. 193-210.
Ayu Anjani, Gita Hamum Syapitri, Rifka Izatul Lutfia. (2003). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol 4 Nomor 1, hal 67-85.
Bobi Saputra. (2019). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Kota Bengkulu. Skripsi IAIN Bengkulu.
Dwi Wiji Lestari. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas IV SDN 1 Ngestirahayu. Skripsi IAIN Metro.
Febrianawati Yusup. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Vol 7 Nomor 1, hal 17-23.
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Alviani, Vivi, Indah Nurhidayati, and Praptiningsih Praptiningsih. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 387-396. Accessed February 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2101.
Section
Articles