Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri Sarakan IV Kabupaten Tangerang
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya permasalahan terkait kemampuan membaca permulaan di kelas II SD Negeri Sarakan IV Kabupaten Tangerang. hal ini ditunjukkan masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan siswa kelas II, serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Sarakan IV Kabupaten Tangerang. Metodologi penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sarakan IV kabupaten Tangerang yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 sampai dengan April 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Sarakan IV Kabupaten Tangerang. Informan penelitian adalah guru kelas II, dan kepala sekolah di SD Negeri Sarakan IV Kabupaten Tangerang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menggunakan teknik Stratified random sampling, terdapat 3 strata yaitu kemampuan membaca kategori tinggi, kemampuan membaca kategori sedang dan kemampuan membaca kategori rendah. Selain itu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Sarakan IV Kabupaten Tangerang diantaranya yaitu faktor fisiologis, faktor intelektual dan faktor lingkungan.
Downloads
Referensi
Aprilia Inka, U., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2).
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1).
Astuti, I. P. (2020). Prototipe Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Membaca Permulaan. Jurnal Simetris, 11(1).
Astutik, A. P. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Tarbiyyatul Islami Minang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Universitas Raden Mas Said Surakarta.
Dewi, R. K., & Listyarini, I. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Tlogorejo 1 Demak. Dimensi Pendidikan, 19(1).
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5).
Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir Universitas Asahan, 5(4).
Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Online, 5(4).
Jeni, N. F., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (22 C.E.). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3).
Khotimah, Harjono, H., & Soedarto, H. H. (2019). Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Tematik, 4(2).
Leonardho, R., Dilla, F., & Sumiyani. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN Keroncong Mas Permai Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).
Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Literasi, 13(1).
Magdalena, I., Ulyah, E. S., Fitriya, D., & Pujianti4. (2023). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. 3(4).
Masrin. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa di SMK Labschool Jakarta. Jurnal Ilmiah Telaah, 5(2).
Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPSD, 4(1).
Naufal, D. S., Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Keterampilan Membaca Kelas III. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Mandiri, 9(5).
Ningsih, M., & Purwandari, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD Melalui Metode KRSK Berbantuan Media Papan Alur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3).
Nurani, R. Z., Nugraha, F., Mahendra, & Heris, H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3).
Rafiqa. (2020). Metode Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 3(3).
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(02).
Yanti, N. D., Fadhillah, D., Enawar, & Sumiyani. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Di Kelas V SDN Cirewed Kabupaten Tangerang. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(1).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.