Pengaruh Pendidikan Sosial Media terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI Syariah KCP Masbagik, Lombok Timur
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah mengenai pendidikan sosial media yang dilakukan oleh pihak PT. Bank BNI Syariah KCP Masbagik di Lombok Timur dan pengaruhnya atas loyalitas nasabah. Pemasaran sosial media sendiri menjadi salah satu cara memperkuat aspek pemasaran di era modern saat ini. Banyak orang yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk berbisnis dengan cara mengunggah produk yang akan mereka pasarkan untuk dapat menarik pembeli. Produk-produk yang telah diposting dengan cara yang detail dan menarik pada media sosial mampu meyakinkan orang yang mengakses sosial media. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendidikan sosial media berpengaruh terhadap loyalitas Nasabah di PT Bank BNI Syariah KCP Masbagik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pemilihan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah Bank BNI Syariah KCP Masbagik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan yaitu Nonprobality sampling. Analisis data menggunakan regresi sederhana, koefisien determinasi serta uji t dengan Pemasaran Sosial Media menjadi variabel independent (X) dan Loyalitas Nasabah menjadi variabel dependen (Y). Hasil temuan dalam penelitian ini adalah variabel pendidikan sosial media mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil bahwa pengaruh pendidikan sosial media terhadap loyalitas nasabah adalah sebesar 59,7%, sedangkan sisanya sebesar 40,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Downloads
Referensi
Adirassaty, A., & Keiko Hubbansyah, A. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Tiktok Shop Melalui Brand Image Pada Generasi Z. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 138–142. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.572
Creswell, J. W. (2014). Research design Qualitative, Quantitative and Mixed methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fadhila, N., & Soesanto, H. (2016). STUDI TENTANG SOCIAL MEDIA MARKETING dan BRAND AWARENESS,WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK MOMMILK(Studi pada pengguna Instagram, Mahasiswa Universitas Diponegoro). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 5(2), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Marliya, N. M., & Wahyono, . (2016). MEMBANGUN CONSUMER LOYALTY MELALUI SOCIAL MEDIA. Management Analysis Journal, 5(3), 2004–2015. http://maj.unnes.ac.id
Muslihah, F. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DALAM PANDANGAN ISLAM (Studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2014-2016). UIN Raden Intan Lampung.
Oktaviani, W. (2020). Pengaruh Media Sosial dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Woodcraft “tanganketiga.” Indonesian Journal of Strategic Management, 3(2), 1–10. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ijsm
Rogers Pepper. (2004). Managing Customers Relationship (1st ed.). John Wiley & Sons.
Safira, J. A. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Komunitas Online Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Skintific: Peran Mediasi Keterlibatan Konsumen dan Hubungan Pengguna Merek. JIMKES, 11(3), 937–947.
Siwi, M. D. (2019). Hubungan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kabupaten Karanganyar.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (1st ed.). PT Alfabeta.
Sujarweni. (2012). Statistika untuk Penelitian (1st ed.). Graha Ilmu.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.