Penggunaan Media Pembelajaran Flip Chart dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

  • Ubaidillah Ubaidillah Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik, Jawa Timur
  • Najwa Putri Lestari Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik, Jawa Timur
  • Tiara Vilandasari Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik, Jawa Timur
  • Shofi’auna Nazlah Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik, Jawa Timur
  • Aisyah Rizkya Azzahro Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik, Jawa Timur
Kata kunci: Flip Chart, Minat Baca, Pembelajaran Efektif

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran karena guru menyampaikan materi secara klasikal dengan metode ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab sehingga hasil belajar masih banyak yang belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media Flip Chart dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kegunaan penelitian ini memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran IPA, sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk proses pembelajaran IPA di sekolah, sebagai salah satu masukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan menjadikan pengalaman untuk dijadikan bekal sebelum terjun dalam dunia pendidikan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VI yang berjumlah 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas sangat menunjang dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran di kelas sangatlah antusias dikarenakan para siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran dibandingkan hanya dengan ceramah saja. Hasil belajar siswa menerapkan media  Flips Chart pada materi “bunga sepatu” di kelas membuat siswa lebih senang dan menjadikan pembelajaran di kelas menjadi efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Diva Pers.
Dede Supendi, Akib, Ubaidillah. 2024. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sulur Pustaka.
Munardji. 2008. Pengajaran Mikro. Tulungagung: STITM.
Nursalim Mochammad, dkk. 2007. Psikologi Islam. Surabaya: Unesa University.
Syah Muhibin. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sobur Alek. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Ubaidillah, Listianah. 2024. Strategi Meningkatkan Pengenalan Membaca Anak Usia Dini (AUD) Dengan Metode Anak Hebat (AHE). Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1). 195-206, https://doi.org/10.54069/atthiflah.v11i1.708
Undang-Undang RI N0.20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al Qur’an Departemen Agama RI. 2005. Jakarta: Departemen Agama RI.
Diterbitkan
2025-03-01
Bentuk Sitasi
Ubaidillah, Ubaidillah, Najwa Lestari, Tiara Vilandasari, Shofi’auna Nazlah, and Aisyah Azzahro. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 1, 2025): 20-28. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2661.
Section
Articles