Model Manpower Planning Sebagai Basis Perencanaan Pembiayaan Pendidikan SMK untuk Meningkatkan Keterserapan Tenaga Kerja

  • Amal Purnomo Universitas PGRI Semarang
  • Hikmah Maulidah Universitas PGRI Semarang
  • Sudari Sudari Universitas PGRI Semarang
  • Triani Setiorini Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Nurkolis Universitas PGRI Semarang
Kata kunci: Manpower Planning, Pembiayaan Pendidikan, SMK Keterserapan Tenaga Kerja

Abstrak

Kesenjangan antara kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan kebutuhan dunia kerja menjadi tantangan utama dalam meningkatkan keterserapan tenaga kerja lulusan. Penelitian ini menganalisis penerapan model Manpower Planning dalam perencanaan pembiayaan pendidikan di SMK untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, analisis dokumen, dan observasi di tiga SMK di Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembiayaan berbasis Manpower Planning mampu menyelaraskan kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja melalui keterlibatan aktif industri, alokasi dana yang mendukung pelatihan berbasis teknologi, dan penguatan kurikulum berbasis kompetensi di bidang teknik dan agribisnis. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi yang lebih intensif antara sekolah, pemerintah, dan industri untuk menciptakan perencanaan pembiayaan yang berorientasi pada peningkatan daya saing lulusan SMK. Hasil ini memberikan panduan bagi pembuat kebijakan untuk merancang kebijakan pendidikan vokasi yang efektif dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja lokal, sehingga dapat mendukung peningkatan keterserapan tenaga kerja lulusan SMK secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Agustian, D., Amartha, A., & Wardoyo, S. (2024). Tantangan Pendidikan Vokasional dalam Meningkatkan Penyerapan Lulusan SMK di Dunia Industri. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1373-1382.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Ketenagakerjaan
Hendrayadi, H., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed Method Research. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2402-2410.
Irsyad, I., & Effendi, A. F. (2023). Manajemen Teaching factory di SMK; Masalah dan Tantangannya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 11338-11346.
Istiqomah, J. Y. N., Marwani, A., Nadzifah, A., Prawansyah, P., & Nyoman, N. A. (2024). Optimalisasi Manpower Planning dalam Perencanaan Strategis untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 331-346.
Ixtiarto, B. (2016). Kemitraan sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri (Kajian aspek penhgelolaan pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57-69.
Milah, A. R., Hasanah, U., & Nurhidayat, R. (2024). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMK Negeri 1 Cijulang dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pelita Nusantara, 2(2), 183-188.
Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337-6349.
Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan industri dalam pengembangan kurikulum pada tingkat SMK. Jurnal Education and Development, 11(3), 230-238.
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan sebagai kunci utama dalam mempersiapkan generasi muda ke dunia kerja di era globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1-12.
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan sebagai kunci utama dalam mempersiapkan generasi muda ke dunia kerja di era globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1-12.
Wahyuni, S., Zaim, M., Thahar, H. E., & Susmita, N. (2024). Revolusi Media Pembelajaran Digital:“Membuka Peluang Dan Menangani Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa. Visipena, 15(1), 51-66.
Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82-90.
Widiatna, A. D. (2019). Teaching factory: arah baru manajemen sekolah menengah kejuruan di Indonesia. Pustaka Kaji.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Yusuf, B., & Al Arif, M. N. R. (2015). Manajemen sumber daya manusia di lembaga keuangan syariah.
Zukna, I., & Sassi, K. (2024). Prospek Sistem Pendidikan Vokasi di Indonesia Abad-21. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1578-1588.
Diterbitkan
2025-03-01
Bentuk Sitasi
Purnomo, Amal, Hikmah Maulidah, Sudari Sudari, Triani Setiorini, and Nurkolis Nurkolis. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 1, 2025): 64-74. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2734.
Section
Articles